h1

HUBUNGAN ANTARA KESIAPAN MENTAL DENGAN PERUBAHAN ASPEK PSIKOSOSIAL LANSIA PASCA GEMPA DI RT 03 DAN RT 04 DUSUN KEPEK DESA TIMBULHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA 2008

1 Mei 2009

Oleh : Komang Sutrisna Dewi

ABSTRAKSI

Pada Usia lanjut terjadi banyak perubahan salah satunya perubahan psikososial, jika kemampuan penyesuaian diri menghadapi perubahan lambat, dapat menimbulkan stress. Perubahan ini mempengaruhi psikologis lansia yang rentan terhadap masalah kesehatan khususnya kesehatan mental.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara kesiapan mental lansia dengan perubahan aspek psikososial di RT 03 dan RT 04 Dusun Kepek Timbulharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental dengan pendekatan cross sectional yang bersifat korelasional. Sampel penelitian pada usia lanjut yang berusia >60 tahun dengan pengambilan sampel menggunakan Total Sampling dengan jumlah 55 responden. Analisa data menggunakan rumus Kendall Tau.

Hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,545 dengan taraf signifikasi (p) 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan ada hubungan antara antara kesiapan mental lansia dengan perubahan aspek psikososial usia lanjut. Berarti semakin bertambahnya umur seorang lansia maka semakin banyak perubahan yang dialami salah satunya perubahan psikososial dan mereka memerlukan kesiapan mental yang baik dalam menghadapinya.

Kata Kunci : Kesiapan Mental, Psikososial, Bencana, Usia Lanjut.
Ingin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda

About these ads

2 komentar

  1. kalau mau lihat skripsinya gimana?


  2. kalau mau lihat skripsi lengkapnya gimana?



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 165 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: