h1

PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT (METODE DEMONSTRASI)TERHADAP SIKAP ANAK DALAM MEMELIHARA KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA SISWA KELAS IV DAN V DI SDK SANTA MARIA PONOROGO

3 Mei 2009

Oleh : Yohana Rosy Widyawati

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Dari hasil studi pendahuluan, didapatkan data di SDK Santa Maria Ponorogo bahwa terdapat anak-anak yang mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut diantaranya adalah masalah gigi berlubang, masalah bau mulut, dan masalah pola makan yang dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Dan sebagian besar dari anak-anak tersebut belum mengetahui pentingnya memelihara kesehatan gigi dan mulut.

Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penyuluhan kesehatan gigi dan mulut (dengan metode demonstrasi) terhadap sikap anak dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut.

Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasy eksperimen, dengan rancangan penelitian non equivalent control group dengan jenis kuantitatif, dengan memberikan perlakuan berupa penyuluhan kesehatan tentang gigi dan mulut. Populasi penelitian sebanyak 72 orang yang terbagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang masing-masing terdiri dari 36 responden, di mana cara menentukan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen adalah dengan cara acak. Analisis untuk uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik paired t test dan independent t test.

Hasil Penelitian : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penyuluhan kesehatan gigi dan mulut (dengan metode demonstrasi) terhadap sikap anak dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut dan adanya perbedaan efektifitas antara sikap anak dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut yang tidak mendapatkan penyuluhan dengan sikap anak dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut yang mendapat penyuluhan.

Kata kunci : kesehatan gigi dan mulut, quasy eksperimen

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

33 komentar

  1. saya ingin


  2. Ass Wr Wb tolong kirim soft copy skripsi ini di email saya ; Terima Kasih


  3. lw bsa krmkn di emai.q data slengkap.x krn z btuh skli . . mhon bntuan.x. .


  4. saya sedang melalukan penelitian buat proposal saya, bisa minta tolong buat kirimin lengkap ke e-mail saya. terima kasih :)


  5. mbak tolong dong krmkan ke email sy jurnal artikel yg diatas dong sy butuh sebagai referensi please!!!!


  6. mbak,tolong dong kirimkan ke email saya jurnalx artikel diatas, sy bth sebagai referensi, mksh sebelumnya


  7. boleh liat gag ka skripsinya….bwt pendukung


  8. mintol krimkan contoh skripsinya donk.pleace tks


  9. tolong kirimkan dong di emailku


  10. tolong kirimkan isi proposalnya k email saya dong.saya sangat butuh sekali..


  11. K, tolong krmkn skiripsinya ke email saya,,,,
    Saya butuh skali k,,,,,please help mee!


  12. tolong kirimkan isi skripsinya k email saya dong.saya sangat butuh sekali..


  13. bagaimana cara melihat isi skripsinya yg lebih lengkapnya?


  14. boleh liat cth skripsi lengkap nya ? tq :)


  15. tlg krim softcopy yg lngkap donk, saya gi btuh tmbah materi dalam pnelitian saya. mkasih….


  16. boleh minta tlng krmkn skripsix yg lengkap ke emailq,sbg referensi.makasih…


  17. boleh liat skripsix lengkap?sbg referensi,makasih yah sebelumnya…


  18. sangat butuh bagaimana metode evaluasinya, bisa kirim yang lengkapnya? please banget….


  19. sis boleh liat secara lengkap gk…
    plizzz, jdulnya hmpir mripsma kyak pnya ku…

    thx bget ya sis…


  20. Boleh liat skripsinya ga…saya butuh buat referensi…mksh


  21. boleh liat lengkapnya ga? buutuh banget :(


  22. boleh liat contoh skripsinya secara lengkap gak……….


  23. bza liat skripsix g????
    q mau minta sbg bhan referenzix…..
    thx…


  24. sya sangat butuh metode penelitianx…
    bza liat g skripsix scara lngkap….


  25. Bpak/Ibu…saya sangat membutuhkan artikel di atas sebagai referensi,,, jika Bpak/Ibu bekenan tolong kirimkan ke e-mail saya,, atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih…:))


  26. Mas…Mbak..Bpak/Ibu…sy sangat membutuhkan artikel di atas sebagai referensi,,, jika Mas…Mbak..Bpak/Ibu bekenan tolong kirimkan ke e-mail saya,, atas bantuanx sy ucapkan banyak terima kasih…


  27. tlg dong artikel diatas dikirimkan keemail sy,sy butuh banget buat referensi sy


  28. maaf saya baru dalam penuliasan peneletian butuh materi dan contohnya…bisa minta tolong kirim sofcopynya ya…sebelumnya terima kasih….


  29. saya seorang pemula dalam membuat penelitian , saya mau meneliti faktor2 yang membuat anak membiasakan menggosok gigi , saya sangat butuh banyak literatur , saya mohon sudilah kakak mengirimkan skripsi lengkapnya ke email saya
    terima kasih


  30. mohon kirim artikel ini untuk referensi saya membuat makalah


  31. YA KARIES GIGI SAMPAI SEKARANG MASIH MENJADI MASALAH KESEHATAN MASYARAKAT. KITA BELUM BERHASIL MENURUNKAN PREVALENSI NYA, KHUSUSNYA PADA ANAK USIA SD.
    SAYA TERTARIK DGN JUDUL DIATAS, MHN MINTA SKRIP/TULISAN LENGKAPNYA. TOLONG DIKIRIM KE EMAIL SAYA
    TRIMS


  32. boleh liat contoh skripsinya secara lengkap g???

    Trims


  33. boleh liat ga contoh skripsix…ko mirip judulx ma punyaq,,,



Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 169 pengikut lainnya.

