h1

HUBUNGAN ANTARA HARAPAN PEMENUHAN KEBUTUHAN SEKSUAL DENGAN MOTIVASI UNTUK MENIKAH PADA LANJUT USIA DI DUSUN SUKAHURIP SUKASARI BANJARSARI CIAMIS JAWA BARAT 2008

3 Mei 2009

Nurlaela Mayasari

ABSTRAKSI

Latar Belakang: Lanjut usia masih mempunyai harapan untuk menikah dan masih memiliki minat terhadap lawan jenis. Hal tersebut di tunjukkan dengan usaha berkunjung ke lawan jenis yang sudah tidak memiliki pasangan. Adanya fenomena keinginan menikah, pengacuhan kebutuhan seksual lanjut usia yang berdampak pada kebahagiaan dan gangguan homeostasis, teori-teori yang menunjukkan perlu adanya kebutuhan seksual dipenuhi, dan masih adanya anggapan yang keliru mengenai pemenuhan kebutuhan seksual pada lanjut usia.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui antara harapan pemenuhan kebutuhan seksual dengan motivasi untuk menikah pada lanjut usia di Dusun Sukahurip Sukasari Banjarsari Ciamis Jawa Barat.

Metode: Jenis penelitian ini adalah  deskriptif analitik non-eksperimental dengan pendekatan cross-sectional berbentuk studi korelasi. Penelitian ini mengambil sampel lanjut usia di Dusun Sukahurip Sukasari Banjarsari Ciamis Jawa Barat yang tidak memiliki pasangan. Kuesioner diberikan dan atau ditanyakan pada 40 lanjut usia pria dan wanita. Pengambilan data ini di lakukan pada bulan mei 2008. untuk mencari hubungan digunakan uji korelasi product moment.

Hasil: Hasil menunjukkan bahwa ada hubungan antara harapan pemenuhan kebutuhan seksual dengan motivasi untuk menikah pada lanut usia di Dusun Sukahurip Sukasari Banjarsari Ciamis Jawa Barat dengan nilai r=  0,559 dan p= 0.000. (p<0,05).

Kesimpulan: Terdapat hubungan antara harapan pemenuhan kebutuhan seksual dengan motivasi untuk menikah pada lanjut usia di Dusun Sukahurip Sukasari Banjarsari Ciamis Jawa Barat

Kata kunci: Harapan, Pemenuhan Kebutuhan Seksual, Motivasi, Pernikahan

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

About these ads

Satu komentar

  1. bisa lebih lengkap lagi ga?



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 165 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: