h1

PENGARUH FAKTOR MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA RUMAH SAKIT PANTI NUGROHO SLEMAN TAHUN 2007

4 Mei 2009

Wilis Yanuarti

A. Latar Belakang

Istilah motivasi ( motivation ) berasal dari bahasa latin yaitu Movere, yang berarti “ menggerakkan “ ( To Move ). Motivasi merupakan hasil sejumlah proses yang bersifat internal atau eksternal bagi seorang individu, yang menyebabkan timbulnya sikap entusiasme dalam hal melaksanakan hal – hal tertentu ( Gray et al 1884 : 69 ). Kretner dan Kinicki ( 2000 ) menyatakan bahwa motivasi merupakan proses psikologis yang meningkatkan dan mengarahkan perilaku untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, motivasi dapat dijelaskan sebagai suatu pembentukan perilaku yang dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal, yang dapat mengarahkannya dalam mencapai apa yang menjadi tujuan Rumah Sakit. Pengertian ini mengandung arti bahwa seseorang dapat diarahkan pada perilaku tertentu melalui rangsangan dari dalam maupun dari luar diri individu tersebut.Rangsangan dari dalam biasanya timbul berdasarkan latar belakang pendidikan, pengalaman dan kebutuhan. Sedangkan rangsangan dari luar bisa didorong oleh faktor kepemimpinan, lingkungan kerja, rekan sejawat, kompensasi dan lain – lain.

Rumah sakit adalah sebuah intitusi yang bergerak dalam penyediaan pelayanan jasa kesehatan. Dalam sebuah Rumah Sakit, sejumlah orang yang bekerja di dalam intitusi tersebut saling bekerjasama dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Semua unsur dalam rumah sakit harus dapat melibatkan diri dan memiliki dorongan yang kuat untuk mencapai apa yang menjadi tujuan akhir  rumah sakit dimana mereka bergabung. Tak terkecuali pimpinan yang dalam hal ini memiliki peranan yang sangat menentukan dalam menggerakkan orang – orang bawahan termasuk dirinya sendiri.

Motivasi dalam suatu rumah sakit dimaksudkan sebagai kemauan untuk berjuang atau berusaha ke tingkat yang lebih tinggi menuju tercapainya tujuan rumah sakit, dengan syarat tidak mengabaikan kemampuan seseorang untuk memperoleh kepuasan dalam pemenuhan kebutuhan – kebutuhan pribadi. Hellriegeldan Slocum mengklarifikasi tiga faktor utama yang mempengaruhi motivasi yaitu meliputi perbedaan karakteristik individu, perbedaan karakteristik pekerjaan dan perbedaan karakteristik lingkungan kerja. Sedangkan menurut Maslow, faktor – faktor motivasi yang mendorong untuk bekerja adalah Physiological needs, Safety needs, Social needs, Esteem needs dan Actualization needs. Karakteristik individu yang berbeda – beda dapat berupa perbedaan kebutuhan, sikap dan minat. Perbedaan – perbedaan tersebut dibawa kedunia kerja sehingga motivasi setiap individu bervariasi. Seorang pimpinan rumah sakit harus dapat memahami perbedaan tersebut agar dapat memotivikasi karyawannya secara efektif. Pimpinan rumah sakit dapat memperbesar motivasi karyawan dengan jalan menyediakan peluang bagi para karyawan untuk mengalami prestasi, pekerjaan yang menstimulasi, tanggung jawab dan kemajuan dalam karier karyawan.

Problem inti rumah sakit, yang berkaitan dengan pengorganisasian sumber daya manusia adalah bagaimana cara merangsang sekelompok orang yang masing – masing memiliki kebutuhan mereka yang khas dan kepribadian yang unik, untuk bekerjasama menuju pencapaian sasaran – sasaran rumah sakit. Jika seseorang itu termotivasi maka dia akan berusaha keras. Tetapi usaha keras ini harus sesuai dengan tujuan rumah sakit dengan cara mengarahkan usaha kerasnya secara konsisten. Sebaliknya, rumah sakit harus terus membina motivasi  karyawan melalui proses pemuasan kebutuhan.

Rumah sakit Panti Nugroho merupakan salah satu rumah sakit yang berada dalam yayasan Panti Rapih. Rumah sakit yang memiliki semboyan “ Tulus Untuk Sembuh Dengan Semangat Cinta Kasih “ ini dalam perjalanannya untuk menjadi sebuah rumah sakit yang besar, memerlukan karyawan – karyawan yang bermotivasi tinggi agar rumah sakit tersebut dapat semakin berkembang sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat.

Konsistensi dan ketekunan Rumah Sakit Panti Nugroho terinspirasi dan dijiwai oleh visinya yang bertekad memperjuangkan nilai – nilai humanistic, yaitu keberpihakan kepada pasien, dengan semangat cinta kasih dan Iman Kristiani.Cita – cita Rumah Sakit Panti Nugroho tersebut dijabarkan lebih lanjut kedalam visinya. Visi yang ketiga menjabarkan bahwa Rumah Sakit Panti Nugroho akan menempatkan seluruh karyawan sebagai modal yang berharga dalam memberikan pelayanan kesehatan dan pendukung lain yang terkait. Kepada karyawan akan diberikan perhatian yang sebaik – baiknya berupa peningkatan kesejahteraaan, keterampilan, kenyamanan kerja dan jenjang karier.

Produktivitas yang berupa pelayanan kesehatan ini dipengaruhi oleh motif–motif khusus yang dimiliki karyawan, dalam hal bekerja pada bagian tertentu dan dalam hal melakukan pekerjaan tertentu. Semakin tinggi motivasi karyawan dalam bekerja, maka akan semakin baik pula pelayanan yang diberikan bagi masyarakat karena seseoang dengan motivasi tinggi selalu memiliki keinginan untuk berusaha sebaik – baiknya dalam bekerja. Kebanyakan karyawan mengembangkan perilaku mereka dalam bekerja agar memiliki peluang untuk memperoleh insentif kerja yang lebih besar serta berpelung untuk meraih promosi jabatan.

B. RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang yang telah dijabarkan di atas, maka rumusan masalah yang diambil adalah :

  1. Seberapa tinggikah tingkat motivasi kerja karyawan Rumah Sakit Panti Nugroho Sleman?
  2. Faktor motivasi kerja Maslow apakah yang memiliki pengaruh terbesar terhadap produktivitas kerja karyawan di Rumah Sakit Panti Nugroho Sleman?
  3. Seberapa besarkah pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas kerja?

C. BATASAN MASALAH

Faktor motivasi kerja yang diteliti adalah faktor – factor motivasi kerja Maslow yang meliputi Physiological needs, Safety needs, Social needs, Esteem needs dan Actualization needs. Penelitian hanya dilakukan pada karyawan Rumah Sakit Panti Nugroho pada bulan Juni tahun 2007.

D. TUJUAN PENELITIAN

  1. Tujuan Umum

Untuk mengetahui peran faktor – faktor motivasi kerja dalam peningkatan produktivitas kerja

  1. Tujuan Khusus
    1. Untuk mengetahui tingkat motivasi kerja karyawan di Rumah Sakit Panti Nugroho Sleman
    2. Untuk mengetahui factor motivasi kerja Maslow yang paling berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan di Rumah Sakit Panti Nugroho Sleman.
    3. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan di Rumah Sakit Panti Nugroho Sleman.

E. MANFAAT PENELITIAN

  1. Bagi Institusi

Dapat memberikan informasi dengan tepat tentang faktor motivasi yang paling dominan mempengaruhi produktifitas kerja sehingga pimpinan Rumah Sakit dapat membuat kebijaksanaan yang dapat mendorong bawahannya untuk bisa bekerja lebih produktif.

  1. Bagi karyawan

Karyawan dapat mengetahui motivasi – motivasi apa yang dapat meningkatkan produktivitas kerjanya.

  1. Bagi STIKES Surya Global

Dapat menambah pengetahuan bagi mahasiswa tentang pentingnya motivasi dalam pencapaian tujuan di Rumah Sakit.

  1. Bagi profesi Kesehatan Masyarakat

Sebagai masukan ilmu penegetahuan yang selanjutnya dapat lebih dikembangkan di bidang manajemen Rumah Sakit yang berkaitan dengan masalah Sumber Daya Manusia khususnya mengenai motivasi karyawan.

  1. Bagi penulis
    1. Untuk mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari
    2. Memberikan kesempatan pada penulis untuk terjun dan bersentuhan langsung dengan dunia kerja.

F. KEASLIAN PENELITIAN

Penelitian mengenai Pengaruh Motivasi Kerja Karyawan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pernah dilakukan oleh Samidi pada tahun 2004 yang berjudul “Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Perusahaan Roti Prima Karangkajen Yogyakarta Tahun 2004.” Penelitian tersebut menggunakan metode angket, wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh motivasi kerja sebesar 97,5% terhadap prodeuktivitas kerja karyawan pada Pada Perusahaan Roti Prima Karangkajen Yogyakarta Tahun 2004.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

About these ads

5 komentar

  1. minta file nya yg lengkap dong butuh refrensi ni


  2. Apakah sya bisa mendapatkan lengkap nya..?? Mohon segera balasannya ..thanks


  3. bisa minta file yg lengkapx gakk<<


  4. tolong jurnal terkaitnya dong buat cari referensi,,,,


  5. aku mahasiswi unhas
    bsa minta file yang lengkapnya g’?
    makasih :)



Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 168 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: