h1

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN APOTEK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2008

4 Mei 2009

NADIA AYU WANGI

ABSTRAK

Latar Belakang : Rumah sakit merupakan bagian tak terpisahkan dari tatanan pelayanan kesehatan di Indonesia, yang bertujuan untuk menyehatkan bangsa ini. Perlu dibentuk jaringan kerjasama antara berbagai institusi kesehatan yang ada, baik dalam kegiatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Pasien yang datang ke rumah sakit untuk berobat akan mandapat diagnosis dari dokter dan sekaligus mengambil obat di apotek. Baik tidaknya kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas apotek kepada pasien mempengaruhi kepuasan pasien di rumah sakit tersebut. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan apotek terhadap tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Yogyakarta, mengetahui pengaruh faktor Responsiveness, Reliability, Assurance, Emphaty, Tangibles terhadap tingkat kepuasan pasien di RSUD Kota Yogyakarta.

Metode : Jenis penelitian yang dipakai peneliti adalah non eksperimen, bersifat asosiatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih, dengan rancangan penelitian cross sectional. Dari populasi 2.237 pasien, peneliti mengambil sampel sebanyak 96 pasien dengan taraf kesalahan 10 % khususnya pasien rawat jalan di Poliklinik Dalam yang mendapat pelayanan apotek di RSUD Kota Yogyakarta. Dalam pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, yang didasarkan pada suatu pertimbangan tertentu yang dibuat oleh peneliti sendiri, berdasarkan ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Alat yang digunakan kuesioner dengan pertanyaan untuk mengukur Kualitas Pelayanan Apotek dan Kepuasan Pasien dengan menggunakan skala Likert, yang masing-masing terdiri dari 25 item pertanyaan dan 22 item pertanyaan. Uji statistik menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan Regresi Linier Berganda.

Hasil : Dari hasil penelitian diketahui bahwa F hitung > F tabel (19,668 > 2,33), sedangkan p < α (0,000 < 0,05). Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,522 atau 52,2% variabel independen (kualitas pelayanan apotek) berpengaruh terhadap variabel dependen (kepuasan pasien), sedangkan sisanya kepuasan pasien dipengaruhi oleh faktor lain, yaitu sebesar 47,8%. Dimensi pelayanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien adalah pelayanan emphaty. Hal ini dibuktikan dengan nilai r-parsial dan t-test pada pelayanan emphaty adalah yang tertinggi. Sedangkan tingkat signifikansi dari pelayanan emphaty adalah yang terendah, yaitu sebesar 2,715 dan signifikansinya 0,008. Dengan persamaan regresinya adalah Y = 48,073 + 0,475 X1 + 0,303 X2 + 0,136 X3 + 0,392 X4 + 0,147 X5.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Apotek, Kepuasan Pasien.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

About these ads

5 komentar

  1. boleh saya melihat secara keseluruhannya?trimakasih


  2. Saya tertarik sekali dengan penelitian ini. Bisa tolong kirimkan data lengkapnya ke email saya?


  3. tlg krm ke email sy ya,


  4. ditunggu ya


  5. Mau donk… selengkap lengkap nya… ^^



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 166 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: