h1

HUBUNGAN ANTARA SHIFT KERJA DENGAN STRES KERJA PADA TENAGA KERJA BAGIAN FARMASI DI RSU PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

5 Mei 2009

Eka Puji Rahayu

ABSTRAKSI

Berdasarkan hasil study yang dilakukan oleh penulis, Stres kerja dapat diartikan sebagai keadaan atau pengalaman ditempat kerja yang dirasakan tidak menyenangkan oleh tenaga kerja meliputi faktor fisik, psikologis, emosi dan perilaku. Stres kerja di bagian farmasi dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh tenaga kerja atau karyawan merasa nyaman atau tidak nyaman terhadap sistem pembagian shift yang telah di tetapkan di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara shift kerja dengan stres kerja pada tenaga kerja bagian farmasi di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta

Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif, Penelitian ini bersifat deskriptif analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kerja bagian farmasi yang bekerja di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampel Jenuh. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 30 orang responden.

Hasil penelitian dapat diketahui bahwa sebagian besar pegawai di bagian farmasi adalah mengalami stres tinggi pada shift sore sebanyak 12 orang   (40,0%), sedangkan untuk shift pagi mengalami stres tinggi sebanyak 11 orang (36,7%) dan untuk shift pagi yang mengalami stres sedang sebanyak 1 (3,3%), untuk shift malam yang mengalami stres tinggi sebanyak 6 orang (20,0%). Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu analisis dengan uji chi square, diperoleh nilai signifikansi 0,460 (p>0,05), nilaihitung sebesar 1,552 dengan nilaitabel untuk (p=0,05); adalah sebesar 5,991. Dari hasil tersebut diketahui bahwa hitung <tabel­. sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara shift kerja dengan stres kerja pada tenaga kerja bagian farmasi. Hasil ini dapat diartikan bahwa yang mengalami stres tinggi adalah pada bagian shift sore.

Kata kunci : Shift Kerja, Stres Kerja, Tenaga Kerja

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

About these ads

7 komentar

  1. saya minta tolong versi lengkap ttng materi ini… bisakan anda mengirimkannya k email saya ??


  2. assalamkm. mhn bantuannya,, boleh saya minta isi lengkapnya g? minta dikirimin k email
    terimakasih sebelumnya


  3. saya sangat tertarik dengan isi lengkap skripsi ini, mohon bantuannya..terima kasih


  4. assalam,,,
    ane pengen tau isi lengkapnya tentang HUBUNGAN ANTARA SHIFT KERJA DENGAN STRESS KERJA PADA TENAGA KERJA BAGIAN FARMASI DI RSU PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA…dan ane ucapkan banyak terima kasih,,,wassalam


  5. boleh minta copy file tinjauan pustakanya g?
    mksh sblumnya


  6. mohon bantuannya. boleh saya minta bantuannya untuk skripsi ini. terima kasih


  7. pengen tau isi lengkap tentang
    HUBUNGAN ANTARA SHIFT KERJA DENGAN STRES KERJA PADA TENAGA KERJA BAGIAN FARMASI DI RSU PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA..trimakasih……….



Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 169 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: