h1

HUBUNGAN TINGKAT STRESS DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

15 Juli 2009

INTISARI

Irwan Suryanto

Latar belakang : Merokok sudah menjadi budaya. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku merokok adalah faktor kepribadian, faktor pergaulan atau lingkungan, faktor orang tua, dan faktor iklan. Pada faktor kepribadian yang mempengaruhi perilaku merokok meliputi rasa ingin tahu, ingin melepaskan diri dari beban diri atau stress. Mengkomsumsi rokok pada waktu stress merupakan upaya penyeimbang masalah-masalah yang bersifat emosional atau kompensatoris kecemasan yang dialihkan terhadap perilaku merokok. Remaja adalah masa-masa yang kritis dan rentan sekali untuk mengalami masalah serta berperilaku risiko tinggi, salah satunya merokok.

Tujuan : penelitian ini adalah untuk meneliti hubungan tingkat stress dengan perilaku merokok pada remaja di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi yakni penelitian yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara tingkat stress dengan perilaku merokok. Penelitian dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta pada bulan november 2007. Tehnik pengambilan data dilakukan melalui pendekatan cross-sectional melalui instument kuesioner, dengan subyek 99 responden. Uji analisis pada penelitian ini adalah uji statistic Koefisien Contingensi chi-squre.

Hasil : Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata seluruh responden berada dalam kategori tingkat stress ringan (57%), sedangkan untuk perilaku merokok diketahui bahwa sebagian besar responden merokok (53%), dari responden yang merokok menunjukkan bahwa sebagian besar responden yang merokok (22,2%) dan tidak merokok (34,3%) berada dalam kategori tingkat stress ringan, sedangkan untuk responden yang merokok benar-benar karena alasan ingin melepaskan diri dari beban diri atau stress sebesar (25%) berada dalam kategori tingkat stress sedang dan (21,2%) berada dalam kategori tingkat stress berat.

Kesimpulan : Penelitian yang didapat menggambarkan bahwa ada hubungan tingkat stress dengan perilaku merokok pada remaja di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, dengan taraf signifikasi 5% sebesar 0,008 yang berarti  Ho ditolak.

Kata kunci : Tingkat stress, Perilaku merokok.

27 komentar

  1. saya tertarik dengan penelitian ini, boleh saya mnat softkopinya ?
    terima kasih


  2. sy tertarik sm skripsi di atas…krim dong …makasihh


  3. Bisa minta sotf copy fullnya?
    Buatnya bahan referensi


  4. bagaimana jika ingin mengembangkan penelitian ini untuk lebih lanjut..?


  5. Saya tertarik dengan bahasan ini,boleh saya minta file yang lengkapnya pak :)


  6. Saya tertarik dengan bahasan ini,boleh saya minta file lengkapnya pak :)


  7. salam kenal Pak, blh minta data lengkapnya Pak, klu boleh tlg email
    terima kasih sebelumnya Pak.


  8. asslm. sy boleh tahu referensi skripsi ini dari mana saja?


  9. PAK SAYA TERTARIK DENGAN PENELITIAN INI BLH SAYA MINTA DATA FILE YANG LENGKAP.A,,,,,,,


  10. saya tertarik mengenai hal ini, bisa minta soft file nya secara lengkap?


  11. salam kenal,, boleh minta file lengkapnya ?? untuk dijadikan referensi… terima kasihh :)


  12. Bisa minta soft copy fullnya..untuk bahan penelitian saya di kampus..
    terimakasih sebelumnya..


  13. Tolng ya kirmn lengkap tentang penelitian ini, saya tertarik buat bahan penelitian skripsi saya. kirimin ke email saya ya.


  14. saya tertarik dengan penelitian ini bisa saya liat lebih lengkapnya


  15. bisa saya tau lebih lanjut tentang penelitian ini
    mohon bantuanya
    terima kasih,,,


  16. saya tertarik dengn penelitian ini
    bisa saya tahu lebih lnjut tentang penelitian ini
    mohon bantuanya
    trims


  17. Maaf, saya bisa meminta file lengkap dari hasil penelitian ini?
    akan saya gunakan untuk referensi skripsi saya.

    terima kasih atas bantuannya.


  18. bisa tLg d kirim Lengkapnya kak,,
    sya ingin tahu lengkapnya,,
    thx,,


  19. asalamualaikum wr.wb
    Bisa minta soft copy fullnya..untuk bahan penelitian saya di kampus..
    terimakasih….


  20. kirim ya softcopy nya


  21. asalamualaikum..
    Bisa minta soft copy fullnya..untuk bahan penelitian saya di kampus..
    terimakasih sebelumnya..


  22. aya tertarik dengan penelitian ini,
    bisa saya minta file lengkapnya ya???
    mohon bantuannya
    terima kasih..


  23. tolong dong krm skripsi complit tentang judul ini ke email saya…. coz sy lg buat penelitian tentang judul ini… tolong ya bantu aku,,, thanks


  24. mba, saya tertarik bgt dg judul ini. apa sy blh tahu lg ttg pnelitian ini?
    makasii ya mba ^_^


  25. tolong kirim ke email saya dunk skripsinya,..thank’s


  26. ass. tolong kirmkan ke alamt email saya bhan skripsi tsb, untuk saya jdikan bahan tambhan dalam proposal penelitian yg sedang saya buat.
    thanks.


  27. saya tertarik dengan penelitian ini,
    bisa saya tahu lebih lanjut tentang penelitian ini,,??
    mohon bantuannya,,,
    terima kasih..



Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 165 pengikut lainnya.

