h1

PENGARUH PERAN SERTA SUAMI TERHADAP TINGKAT KECEMASAN IBU HAMIL DALAM MENGHADAPI PROSES PERSALINAN DI DESA JEPAT LOR KEC. TAYU KAB. PATI

15 Juli 2009

INTISARI

Eka Sulitiyorini

Dalam sebuah perkawinan belum lengkap rasanya tanpa kehadiran seorang anak, sehingga pasangan suami istri akan terus berusaha untuk mendapatkan seorang anak. Wiknjosastro (1994), berpendapat bahwa rasa nyeri dalam persalinan sejak zaman dahulu sudah menjadi pokok pembicaraan para wanita, maka banyak calon ibu menghadapi kehamilan dan persalinan dengan perasaan takut dan cemas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh peran serta suami terhadap tingkat kecemasan ibu hamil dalam menghadapi proses persalinan di Desa Jepat lor Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Dengan sabyek penelitian Ibu hamil dan suami.

Keterlibatan para suami sejak awal kehamilan sudah pasti akan mempermudah dan meringankan pasangan dalam menjalani dan mengatasi berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh akibat hadirnya sesosok manusia yang mungil didalam perut. Bahkan dengan adanya peran serta suami dari awal kehamilan sampai persalinan tiba dapat mengurangi ketakutan dan kecemasan ibu dalam menghadapi persalinan sangat ditentukan oleh seberapa besar peran dan keterlibatannya dalam masa kehamilan dan melalui perhatian suami dalam trimester I sampai trimester III. Tingkat kecemasan ini diungkapkan dengan menggunakan skala kecemasan ASS dalam menghadapi proses persalinan. Dengan menggunakan jenis penelitian diskriptif kuantitatif korelasional.

Dari hasi analisa regresi ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang sangat singnifikan antara peran serta suami terhadap tingkat kecemasan ibu hamil dalam menghadapi proses persalinan. Dalam table 4.11 dijelaskan bahwa F hitung > F tabel  (9,036 > 6,24) signifikan dengan 0.006 < 0,05, 9,036 > 0,249 signifikan dengan 0,006 < 0,001 sehingga dapat disimpulkan bahwa  ada pengaruh antara peran serta suami terhadap tingkat kecemasan ibu hamil dalam menghadapi proses persalinan di Desa Jepat Lor, maka hipotesis ini terbukti.

Kata Kunci : Peran Serta Suami dan Tingkat Kecemasan ibu hamil dalam Menghadapi Proses Persalinan.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 171 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: