h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI DENGAN PERILAKU SEKS BEBAS SISWA KLAS XI DI SMA N I MLATI SLEMAN TAHUN 2010

3 Februari 2012

ABSTRAKSI

SUPARTININGSIH

Latar Belakang : Jumlah penduduk usia 15-19 tahun di provinsi DIY tahun 2006 adalah 319.711 atau sekitar 9,55% dari seluruh jumlah penduduk DIY. Jumlah ini merupakan jumlah terbesar kedua dari komposisi penduduk DIY. Sementara urutan pertama di duduki golongan umur muda usia 20-24 tahun sekitar 342.899 jiwa atau 10,24% dari jumlah penduduk secara keseluruhan (Dinkes DIY, 2007). Data Dinkes Kabupaten Sleman tahun 2009 jumlah remaja 20798 yang duduk sebagai siswa 14251. Kasus seks pranikah 171 (1,19%) ,kasus KtD 58 (0,40%) Sedangkan data di Puskesmas Mlati II dari bulan Januari sampai dengan Juli 2009 kasus KtD ada 2, 1 kasus terjadi di SMAN I Mlati, seks Pranikah 14 kasus  5 diantaranya siswa SMAN I Mlati.

 Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi dengan perilaku seks bebas pada siswa SMA N I Mlati.

 Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik dengan pendekatan waktu cross sectional. Populasi seluruh siswa kelas XI dengan jumlah 213 di SMA N I Mlati. Sample diambil dengan sistem  random sampling pada siswa kelas XI dengan jumlah sample sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan uji validitas dan reliabilitas yang kemudian ditabulasi dan dilakukan uji statistik dengan memakai rumus Alfa Cronchbach.

 Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil uji statistik Alfa Cronchbach,  hasilnya nilai rho hitung 0,175 lebih kecil dari rho tabel yaitu 0,364 artinya secara statistik tidak menunjukkan angka yang signifikan dnegan kata lain tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi dengan perilaku seks bebas. Tetapi untuk karakteristik siswa dapat diketahui dalam penelitian ini.

 Kesimpulan : Tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi dengan perilaku seks bebas. Dalam penelitian ini pengetahuan bukan merupakan faktor dominan yang mempengaruhi perilaku seks bebas.

 Kata kunci : Tingkat pengetahuan, kesehatan reproduksi, perilaku seks bebas.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

About these ads

One comment

  1. saya Mau skripsi lengkapnya untuk tugas bedah jurnal saya… saya tidak bermaksud mengkopas.. saya hanya perlu sebagai bahan bedah jurnal saya



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 165 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: