h1

ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA KERJA BERDASARKAN BEBAN KERJA DI INSTALASI FARMASI BADAN PENGELOLA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DJOJONEGORO TEMANGGUNG

1 Mei 2009

SHEPTI ISWIDYANINGSIH

ABSTRAKSI

BP RSUD Djojonegoro Temanggung adalah rumah sakit pemerintah tipe C yang sedang dikembangkan menjadi tipe B. Dari perubahan tersebut akan berdampak pada peningkatan sarana prasarana, sumber daya kesehatan dan pelayanan rumah sakit. Salah satu unit yang penting dalam rumah sakit adalah instalasi farmasi. Beban kerja yang berat akan mempengaruhi kualitas pekerjaan dan pelayanan yang dilakukan, sehingga dilakukan perhitungan kebutuhan tenaga kerja dengan metode WISN dengan berdasar pada beban kerja yang ada di unit kerja tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah kebutuhan tenaga kerja berdasarkan beban kerja di instalasi farmasi BP RSUD Djojonegoro Temanggung.

Hasil penelitian kebutuhan tenaga kerja berdasar beban kerja dengan metode WISN diketahui waktu kerja tersedia selama satu tahun adalah 129.120 menit/tahun.Standar beban kerja hasilnya bervariasi, tergantung dari rata-rata waktu yang digunakan untuk menyelesaikan tiap kegiatan pokok dan waktu kerja tersedia. Standar kelonggaran dari tujuh faktor kelonggaran adalah 0,203. Hasil perhitungan kebutuhan tenaga kerja di instalasi farmasi BP RSUD Djojonegoro Temanggung berdasarkan beban kerja adalah sebanyak 24 orang.

Hasil perhitungan penelitian (24 orang) dengan jumlah tenaga kerja yang ada (18 orang) lebih besar pada hasil penelitian sehingga memerlukan tambahan tenaga sebanyak 6 orang (24-18 orang).

Kata Kunci : Tenaga kerja, beban kerja.
Ingin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: