h1

ANALISIS PELAYANAN JASA KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RSD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

1 Mei 2009

Khusnatul Ismiyah

ABSTRAKSI

Kepuasan pasien adalah respon pelanggan terhadap evaluasi ketidaksesuaian (disconfirmation) yang dirasakan antara harapan sebelumnya (atau norma kinerja lainnya) dan kinerja aktual produk yang dirasakan setelah pemakaiannya. Sehingga, kepuasan pasien merupakan hal yang paling penting bagi Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien rawat inap kelas III di RSD Panembahan Senopati Bantul

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah rata-rata pasien yang berobat di bangsal kelas III per bulan dalam jangka waktu satu tahun terakhir di RSD Panembahan Senopati bantul yaitu 1736 pasien dan sampel diambil dengan metode Purposive sampling sebanyak 110 responden. Data dikumpulkan menggunakan studi pustaka, dan kuesioner. Variabel diukur menggunakan skala likert

Pengolahan data dengan program SPSS 11.5 dengan analisis rata-rata hitung dan pengujian hipotesis dengan korelasi produc moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pasien Rawat inap kelas III Di RSD Panembahan Senopati Bantul Puas dengan Pelayanan Jasa yang telah diberikan oleh pihak Rumah Sakit.

Kata Kunci : Pelayanan Jasa Kesehatan, Kepuasan Pasien.

Ingin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: