h1

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PASIEN MEMILIH JASA PELAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2008

1 Mei 2009

NI KADEK DWIASTUTI WIRIANTI

ABSTRAKSI

Latar belakang : Rumah Sakit Umum Daerah Kota Yogyakarta merupakan rumah sakit umum tipe C milik Pemerintah Kota Yogyakarta. Untuk menghadapi persaingan dengan rumah sakit lainnya,rumah sakit harus menetapkan strategi yang tepat. Apabila pemasaran rumah sakit sudah tepat sasaran, kualitas pelayanan sudah layak dan memenuhi kebutuhan dan keinginan pasien maka akan terciptanya kepuasan pasien. Kepuasan pasien akan mendorong tumbuhnya loyalitas pasien pada rumah sakit. Kepuasan pasien merupakan salah satu faktor penentu loyalitas pasien. Begitu banyaknya pilihan dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan di kota Yogyakarta, perlu dicari faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pasien dalam memilih Rumah Sakit Umum Daerah Kota Yogyakarta sebagai tempat berobat. Penelitian ini merupakan studi yang menguji tentang pengaruh faktor-faktor perilaku konsumen yang terdiri dari pemasaran, Kualitas pelayanan dan Loyalitas pasien terhadap keputusan pasien memilih jasa pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Yaogyakarta.

Tujuan : Mengetahui faktor paling dominan yang mempengaruhi keputusan pasien memilih jasa pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Yogyakarta Tahun 2008. Metode: Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian merupakan penelitian Non eksperimen dengan pendekatan cross sectional atau potong lintang dan menggunakan rancangan survey melalui teknik scoring. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang berobat pada Unit Rawat Inap Bangsal Dahlia di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Yogyakarta Tahun dengan jumlah populasi 133 orang dan jumlah sampel 100 orang. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji  reliabilitas menggunakan metode Alpha Cronbach.

Hasil dan pembahasan: karakteristik responden menurut umur paling banyak berumur 31- 50 tahun sebanyak 51 orang atau 51%, menurut jenis kelamin yang paling banyak perempuan sebanyak 59 orang atau 59%, menurut pekerjaan paling banyak buruh sebanyak 29 orang atau 29%, menurut pendidikan terakhir paling banyak SD sebanyak 37 orang atau 37%. Sedangkan hasil uji regresi menunjukkan tidak adanya pengaruh antara pemasaran terhadap keputusan pasien dilihat dari t hitung > t tabel   (-0,786 < 1,984)  dan P > α (0,434 > 0,05), adanya pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap keputusan pasien dilihat t hitung > t tabel (3,161 > 1,984) dan P < α (0,002 > 0,05), adanya pengaruh antara loyalitas pasien terhadap keputusan pasien dilihat dari t hitung > t tabel ( 4,613 > 1,984) dan P < α (0,000 < 0,05). Faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pasien adalah loyalitas pasien.

Kata Kunci : Pemasaran, Kualitas Pelayanan, Jasa Pelayanan, Loyalitas pasien, Keputusan Pasien.
Ingin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: