h1

HUBUNGAN ANTARA BAURAN PEMASARAN DENGAN MINAT PASIEN BERKUNJUNG DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ORTOPEDI PROF.DR.R.SOEHARSO SURAKARTA TAHUN 2008

1 Mei 2009

Oleh : Sri Diyan Cahyani

ABSTRAKSI

Latar belakang masalah: Jumlah kunjungan dan pengunjung poliklinik di Rumah Sakit Ortopedi Prof.DR.R.Soeharso Surakarta pada tahun 2006 ke tahun 2007 terjadi peningkatan. Di balik peningkatan tersebut terdapat beberapa kendala-kendala yang dirasakan pengunjung. Bauran pemasaran merupakan alat yang digunakan untuk mengetahui secara lebih jelas faktor dominan yang berpengaruh terhadap minat kunjungan pasien.

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian pasien terhadap dimensi-dimensi bauran pemasran di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Ortopedi Prof.DR.R. Soeharso Surakarta dan untuk membuktikan adanya hubungan positif yang signifikan antara marketing mix (place, physical evidence, process, product, people, price, dan promotion) dengan minat kunjungan pasien.

Metode penelitian: Penelitian ini dirancang sebagai penelitian asosiatif dengan pendekatan potong lintang (cross sectional) dan point time approach. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode Product Moment karena data memiliki distribusi yang normal.

Hasil: Penilaian pasien terhadap beberapa sub dimensi dari bauran pemasaran masih kurang baik dan kelemahan-kelemahan inilah yang dijadikan masukan dalam peningkatan kualitas pelayanan di Rumah Sakit Ortopedi Prof.DR.R. Soeharso Surakarta. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dimensi marketing mix dengan minat kunjungan pasien, kecuali dimensi process, product, people, dan promotion. Dimensi yang memiliki hubungan paling kuat dengan minat kunjungan pasien adalah dimensi price.

Kata kunci: marketing mix, place, physical evidence, process, product, people, price, promotion, minat kunjungan pasien.
Ingin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: