h1

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI TENTANG MENSTRUASI DENGAN MENGHADAPI PERILAKU DISMINORRHOEA DI MAN 2 GARUT JAWA BARAT 2008

1 Mei 2009

Anny Hanifah Muslimah Syaf

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Besarnya proporsi penduduk usia remaja menimbulkan masalah yang berkaitan dengan perilaku menghadapi dismenorrhoea. Data BKKBN tahun 2005 menunjukan bahwa 45,2% yang mengalami dismenorrhoea dari jumlah 463.597 orang. Di MAN 2 Garut ada yang mengalami dismenorrhoea dengan mayoritas siswinya berusia remaja yang merupakan target dari sampel penelitian.

Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap remaja putri tentang menstruasi dengan perilaku menghadapi dismenorrhoea.

Metode : Penelitian ini adalah deskriptif analitik kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 245 siswi MAN 2 Garut Jawa Barat. Pengambilan sampel dengan berstrata, proporsional dan acak         (Stratified Proportional Random Sampling) dan diperoleh sampel sebesar 150 siswi. Instrument yang digunakan untuk mengukur pengetahuan dan sikap remaja putri tentang menstruasi dengan perilaku menghadapi dismenorrhoea adalah kuesioner. Analisis data dengan menggunakan korelasi ganda.

Hasil Penelitian : Hasil uji korelasi terhadap hubungan antara pengetahuan dan sikap remaja putri tentang menstruasi dengan perilaku dismenorrhoea menunjukan ada hubungan yang signifikan antara ketiga variable, dengan koefisien korelasi (R hitung) = 0,381 dan r table 0,159 dengan nilai signifikan 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 ( p<0,05).

Kata Kunci : Pengetahuan menstruasi, Sikap menstruasi, Perilaku menghadapi dismenorrhoea, Remaja
Ingin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: