h1

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DAN SIKAP SUAMI TENTANG ASUHAN KEHAMILAN DENGAN DUKUNGAN SOSIAL SUAMI DALAM ASUHAN KEHAMILAN DI PUSKESMAS JETIS I BANTUL YOGYAKARTA 2008

1 Mei 2009

Oleh: Ervi Puspita Sari

ABSTRAKSI

Asuhan kehamilan merupakan suatu upaya yang dilakukan dalam pemeliharaan terhadap kesehatan ibu dan kandungannya. Kepedulian para suami terhadap asuhan kehamilan ini sebaiknya bukan hanya sekedar karena rasa tanggung jawab, melainkan memberikan dukungan sosial, sehingga dapat membantu ketenangan jiwa istri.

Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan antara persepsi dan sikap suami tentang asuhan kehamilan dengan dukungan sosial suami dalam asuhan kehamilan di Puskesmas Jetis I Bantul Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan pendekatan cross sectional yang bersifat korelasional. Pengambilan sampel menggunakan Total Sampling dengan jumlah responden 55 orang. Pengambilan data dengan kuesioner. Analisa data menggunakan Spearman Rank.

Hasil penelitian persepsi memiliki koefisien korelasi 0,619 dengan taraf signifikan p = 0,01 (p<0,05), sikap memiliki nilai koefisien korelasi 0,473. Dan hasil antara persepsi dan sikap dengan dukungan sosial memiliki koefisien korelasi ganda 0,697 dengan taraf signifikan p= 0,01 (p<0,05). Hal ini menunjukkan ada hubungan antara persepsi dan sikap suami tentang asuhan kehamilan dengan dukungan sosial suami dalam asuhan kehamilan. Berarti semakin baik persepsi suami terhadap asuhan kehamilan maka semakin tinggi dukungan sosial suami dalam asuhan kehamilan. Dan semakin mendukung sikap suami terhadap asuhan kehamilan maka semakin tinggi dukungan sosial suami dalam asuhan kehamilan.

Kata Kunci : Persepsi, Sikap, Asuhan Kehamilan, Dukungan Sosial
Ingin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda

One comment

  1. Minta sof copy lebih lengkap bgm???



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: