h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES LANSIA DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA “WALUYO HUSODO” TULUNGAGUNG

1 Mei 2009

Elis Ofta Dwinawati

ABSTRAKSI

Dibanyak negara saat ini prevalensi hipertensi meningkat sejalan dengan perubahan gaya hidup seperti merokok, obesitas, inaktifitas fisik dan stres psikososial. Hipertensi sudah menjadi masalah kesehatan masyarakat (Public Health Problem) dan akan menjadi masalah yang lebih besar jika tidak ditanggulangi sejak dini.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres lansia dengan kejadian hipertensi pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha “Waluyo Husodo” Tulungagung.

Metode penelitian yang digunakan adalah non eksperimen dengan pendekatan cross sectional, teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan skala Likert. Analisa data menggunakan rumus korelasi Kendall Tau dan uji signifikan menggunakan rumus z.

Hasil penelitian didasarkan atas karakteristik responden yang meliputi usia, berat badan, jenis kelamin, keaktifan mengikuti olahraga dalam 1 minggu, dan riwayat hipertensi. Setelah dianalisa dapat disimpulkan, ada hubungan antara tingkat stres lansia dengan kejadian hipertensi pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha “Waluyo Husodo” Tulungagung, yang ditunjukkan oleh nilai signifikan sebesar 0,007 atau p < 0,005 dan uji z sebesar 3,76 lebih besar dari z tabel 1,96 dengan taraf signifikan 5 %.

Saran, bagi PSTW lebih meningkatkan pengetahuan lansia tentang stres dengan hipertensi dan lebih rutin dalam mengontrol tekanan darah. Bagi lansia, lebih hati-hati dalam menjaga kesehatan fisik dan emosional.

Kata Kunci : Stres, Lansia, Kejadian Hipertensi, Lansia
Ingin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda

15 komentar

  1. mba, tlong dibagi data lengkapnya yah,,,soalnya butuh banget nih,,bwat referensi tgas,,thx nah,,


  2. mau pembahasan tentang tingkatan stres nya donk


  3. assalam,
    bolehkah bahan’y dshare lebih jelas lg mengenai hasil penelitian Anda? supaya mempermudah kami dalam mengatasi masalah stres dengan kejadian hipertensi.
    mohon dkirim via email
    smoga barokah, terima kasih.. ^^
    wassalam


  4. tolong dong krimin tingkatan stres pada lansia yang hipertensi


  5. ada bahan2nya g mbak?


  6. ada sekripsinya gk?


  7. mbak ada sekripsinya gk? bls ya


  8. mba ada jurnal faktor-faktor stres pada lansia tdk mba?saya butuh nih mba,saya mencari berhari2 tdk menemukan,…..tolong kirimkan ke email saya ..makasih ya mba


  9. assalamua’laikum wr wb.mbak boleh minta data hubungan stres dengan kejadian hipertensi yang lengkap,.kalo bisa tolong kirim y mbak mksh wslm


  10. Mohon kirim ke email saya


  11. Saya boleh minta lengkapnya gak??


  12. ingin mendapat yang lengkap untung melengkapi bbrpa tugas.thanks sebelumnya tolong kirimkan ke email sy


  13. tolong kirimkan data lengkap untuk “HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES LANSIA DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA “WALUYO HUSODO” TULUNGAGUNG, karena saya memerlukannya untuk menunjang penyelesaian tugas saya,,, tolong kirim ke email saya ya… terima kasih….


  14. bagai mana cara mendapat data lngkap u/ hub. tingkt stress lasia thd hipertensi??? mohon kirim k email saya…. makasi…


  15. tolong donk kirimkan “HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES LANSIA DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA “WALUYO HUSODO” TULUNGAGUNG,,karena saya membutuhkannya untuk menyelesaikan tugas dari dosen,,,trimakasih banyak….alamat e-mailnya adalah cahya_pearl@yahoo.co.id



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: