h1

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN DENGAN KETERAMPILAN PERAWAT RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

1 Mei 2009

DIAN PURWAHYUNINGTIAS MAYASARI HARMINATI

ABSTRAKSI

Rumah sakit berperan langsung dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat,utamanya dengan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat.

Oleh karena itu baiknya mutu suatu asuhan keperawatan tidak dapat dipisahkan dari mutu tenaga kesehatan, pendidikan dan pengetahuan kesehatan yang memberikan jasa pelayanan kesehatan itu sendiri.

Berdasarkan hal tersebut, penulis merasa tertarik untuk mengkaji lebih dalam pada penelitian yang berjudul “ Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Pengetahuan Dengan Keterampilan Perawat Rawat Inap di Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Yogyakarta”.

Variabel bebas dalam penelitian ini adalah tingkat pendidikan dan pengetahuan perawat.Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan perawat rawat inap. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian Analitik Kuantitatif. Hipotesisnya yang penulis ajukan adalah “ Ada hubungan bermakna antara tingkat pendidikan dengan tingkat keterampilan perawat rawat inap”.  ” Ada hubungan bermakna antara tingkat pengetahuan perawat terhadap keterampilan perawat “. Hasil uji Spearman, ,diperoleh nilai signifikan antara tingkat pendidikan dengan tingkat keterampilan perawat 0,008 (P<0,05). Hasil uji spearma, , diperoleh nilai signifiakn antara tingkat pengetahuan dengan tingkat keterampilan perawat 0,004 (P <0,05)

Kata Kunci: Pendidikan, keterampilan, pengetahuan, perawat, pelatihan
Ingin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: