h1

PENGARUH PERSEPSI PASIEN TENTANG PROSEDUR RAWAT INAP PENGGUNA ASKESKIN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III BANGSAL BOGENVILE DI RSUD KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2008

1 Mei 2009

Oleh : NENG ETI SETIAWATI

ABSTRAKSI

Rumah sakit yang memberikan fasilitas rawat inap, setidaknya harus memberikan gambaran manajemen yang jelas terhadap jenis fasilitas yang memuaskan, hal ini akan secara langsung berpengaruh terhadap rasa kenyamanan dan mendukung kesembuhan pasien dengan lebih cepat. Hasil dari wawancara pada 2 pasien Askeskin pada studi pendahuluan menyatakan kurang puas dengan proses pelayanan yang diberikan rumah sakit khususnya pada saat pengurusan pendaftaran dengan kartu Askeskin. Pasien pertama mengeluhkan mengenai proses pengurusan rawat inapnya lama dan pasien yang kedua mengakui tidak mengetahui prosedur atau proses pelayanan rawat inap dengan kartu Askeskin karena keluarganya yang mengurus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi pasien tentang prosedur rawat inap pengguna Askeskin terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas III bangsal Bougenville di RSUD Kota Yogyakarta tahun 2008.

Jenis penelitian ini adalah penelitan deskriptif survei analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian adalah semua pasien rawat inap pengguna Askeskin kelas III bangsal Bougenville di RSUD Kota Yogyakarta tahun 2008. Sampel penelitian diambil dari pasien yang menggunakan pelayanan rawat inap kelas III di bangsal Bougenville bulan Maret sampai April 2008 sebanyak 52 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas terhadap variabel Pengetahuan pasien, Pengalaman berobat pasien dan Kepuasan Pasien. Kemudian hasil tanggapan responden melalui kuesioner dilakukan perhitungan menggunakan metode statistik dengan program SPSS Release 12, yaitu Regresi ganda, Uji F, Uji t, dan koefisien determinasi.

Berdasarkan hasil penelitian perhitungan statistik diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan persepsi pasien tentang prosedur rawat inap pengguna Askeskin terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas III bangsal Bougenville di RSUD Kota Yogyakarta. Persamaam regresi ganda dari pengetahuan, pengalaman berobat dan kepuasan pasien adalah berbentuk Y = 28,037 + 0,637 X1 + 0,744 X2. Tingkat kesalahan 5%. Nilai koefisien yang diperoleh yaitu 36,5% sedangkan 63,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti atau diabaikan penulis. Hasil Uji F diketahui F hitung>F tabel (14,096 > 3,19), artinya secara serempak Pengetahuan (X1) dan Pengalaman berobat (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap (Y).

Kata kunci : Pengetahuan Pasien, Pengalaman Pasien, Kepuasan Pasien
Ingin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: