h1

PENGARUH YOGA ”PRANAYAMA” TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA KLIEN GANGGUAN JIWA DI BADAN PELAYANAN KHUSUS RUMAH SAKIT JIWA PROPINSI BALI

1 Mei 2009

DW AYU MANIK ULAN DEWI

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Cemas merupakan ketegangan, rasa tidak aman, tidak berdaya dialami secara subyektif dan dikomunikasikan dalam hubungan interpesonal. Tingkat kecemasan dapat diatasi dengan terapi relaksasi salah satunya dengan Yoga ”Pranayama”.

Tujuan : Mengetahui pengaruh yoga ’pranayama” terhadap tingkat kecemasan pada klien gangguan jiwa, diketahuinya tingkat kecemasan sebelum dan sesudah diberikan Yoga ”Pranayama”. Metode penelitian eksperimen dengan pre eksperimental design : pre test-post test with control group. Sampel sebanyak 62 orang yaitu 31 orang eksperimen dan 31 orang kontrol. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dengan alat ukur yang digunakan yaitu AAS (Analog Anxiety Scale). Pengolahan data dengan uji wilcoxon Signed Rank Test dan Mann Whitnney Test.

Hasil : Yoga ”Pranayama” mempunyai pengaruh terhadap tingkat kecemasan klien gangguan jiwa, dimana sebelum pelaksanaan yoga ”Pranayama” kilen yang mengalami kecemasan ringan sebanyak 10 orang (32,26%), 19 orang mengalami cemas sedang yaitu 61,29% dan cemas berat 2 orang (6,45%), setelah pelaksanaan yoga ”Pranayama” klien yang mengalami cemas ringan sebanyak 18 orang (58,07%), cemas sedang 11 orang (35,48%) dan cemas berat tetap yaitu 2 orang (6,45).

Kesimpulan : Ada pengaruh yang bermakna antara pelaksanaan Yoga ”Pranayama” terhadap tingkat kecemasan pada klien gangguan jiwa. Dengan nilai nilai p < 0,05 yaitu p = 0,000, dan nilai  Z hitung -3,982 lebih besar dari Z tabel    -1,96.

Kata kunci : Yoga ”Pranayama”, Tingkat kecemasan, Gangguan jiwa

Ingin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda.

2 komentar

  1. bisa minta lengkapnya soalnya lagi ada tugas. terimakasih


  2. minta tolong dikirim selengkapnya, untuk referensi tugas saya mengenai trend and issue in mental health services di bali.. terimakasih



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: