h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG KEBUTUHAN GIZI DENGAN STATUS GIZI BALITA DI DESA BANCONG KECAMATAN WONOASRI KABUPATEN MADIUN

3 Mei 2009

Arista Tri Qurnia

ABSTRAK

Latar Belakang : Pengetahuan ibu tentang kebutuhan gizi sangat penting sekali, hal ini disebabkan untuk menciptakan generasi masa datang yang lebih baik, peran ibu dalam merawat bayi dan anak menjadi faktor penentu. Masalahnya , kesadaran akan pentingnya pemberian gizi yang baik kadang belum sepenuhnya dimengerti. Ada orang tua yang sudah tahu tentang gizi sehat , tetapi tidak peduli. Ada juga yang belum tahu, tetapi tidak mencari tahu. Padahal seharusnya makanan bergizi dipersiapkan sejak ibu hamil dan masa balita. Kebutuhan gizi yang tidak sesuai dapat menyebabkan gizi kurang dan gizi buruk, bahkan dapat menyebabkan kematian. Pengetahuan ibu tentang kebutuhan gizi sangat berpengaruh terhadap status gizi balita.

Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang kebutuhan gizi dengan status gizi balita.

Metodologi Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian Non Eksperimental dengan menggunakan rancangan Cross Sectional. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bancong, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun. Subjek penelitian ini  adalah ibu yang memiliki balita di Desa Bancong. Analisa data yang digunakan adalah uji Kendall Tau.

Hasil : Menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang kebutuhan gizi dengan status gizi balita sebasar 34,7%. Hal ini berarti pengetahuan ibu tentang kebutuhan gizi berpengaruh terhadap status gizi balita sebesar 34,7%, sedangakan 65,3% status gizi balita dipengaruhi oleh faktor lain.

Kesimpulan : Sebagian besar pengetahuan ibu di Desa Bancong dalam kategori baik (86,2%) dan status gizi balita di Desa Bancong termasuk dalam kategori baik (82,8%).

Kata Kunci : Pengetahuan ibu, gizi, dan status gizi balita.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

12 komentar

  1. saya butuh yang ini. bisa tolong kirim ke email saya. tengkufikeee@gmail.com trimakasih sebelumnya, saya akan membuat proposal penelitian ..


  2. tolong dikirimi dong lengkapnya..untuk referensi pembuatan skripsi ku. Thanks B4.


  3. assalamualaikum, hallo perkenalkan nama saya mawan, mahasiswa semester 7, saya mau bertanya bagaimana saya bisa mendapatkan file ini ya. karna saya pengen melihat contoh2 skripsi ini dan saya perlu referensi


  4. tolong saya dong,,,kirimkan yg lengkap datanya,,,,


  5. gimana cara untuk mendapatkan keselurahan data dari judul diatas untuk tambahan referensi skripsi saya.. thanks


  6. minta tolong dikirimin datanya,trm ksh,,,


  7. admin tolong di kirim lanjutannya dong…makasii


  8. saya juga tolong di bantu yah


  9. kebetulan judul aku sama persis, bisa ngga’ isian’x d’terusin karna aku butuh pelajaran ini


  10. kirim dong selengkapnya


  11. SAYA SANGAT MEMBUTUHKAN BAHAN SKRIPSI GIMANA CARANYA DONG TRIMS


  12. saya sangat membutuhkan karya saudara sebagai referensi saya



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: