h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUANTENTANG PENYAKIT ASMA BRONKIAL DENGAN KEPATUHAN PENDERITA ASMA BRONKIAL DI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS BONOROWO KABUPATEN KEBUMEN

3 Mei 2009
Eko Wartono

ABSTRAKSI

Latar Belakang penelitian ini adalah  adanya data penderita penyakit asma bronkial yang semakin bertambah  dari tahun ketahun..Semula penderita asma bronkial populasinya hanya  62 orang ,namun pada akhir tahun 2007 bertambah  8 orang sehingga menjadi 80 orang

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui  hubungan tingkat pengetahuan dengan kepatuhan penderita asma bronkial di wilayah kerja  Puskesmas Bonorowo Kabupaten Kebumen. Tujuan khususnya adalah diketahuinya tingkat pengetahuan penyakit asma bronkial dan tingkat kepatuhan terhadap petunjuk-petunjuk kesehatan pada  penderita asma bronkial di wilayah kerja Puskesmas Bonorowo Kabupaten Kebumen.

Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental  dengan menggunakan pendekatan waktu cross sectional dan desain deskripsi korelasi, antara tingkat pengetahuan penyakit asma bronkial sebagai variabel bebas  dan kepatuhan terhadap petunjuk-petunjuk kesehatan sebagai variabel terikat pada penderita asma bronkial di wilayah kerja Puskesmas Bonorowo Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, jumlah populasi penderita adalah sejumlah 80 orang namun hanya  diambil sebagian saja sejumah 34 penderita asma bronkial yang berobat jalan di Puskesmas Bonorowo Kabupaten Kebumen untuk sebagai responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk menjaring data tingkat pengetahuan penyakit asma bronkial  dan data kepatuhan terhadap petunjuk-petunjuk kesehatan pada penderita asma bronkial di wilayah kerja  Puskesmas Bonorowo Kabupaten Kebumen, yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabiltiasnya menggunakan rumus Korelasi Product Moment Carl Pearson dan rumus Belah Dua dari Spearman-Brown. Analisis datanya menggunakan rumus korelasi non parametris  Kendall’s Tau dengan bantuan program statistik SPSS for Windows. Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan kepatuhan penderita asma bronkial di wilayah kerja UPT Puskesmas Bonorowo Kabupaten Kebumen, dengan hasil koefisien korelasi Kendall Tau (t) sebesar 0,538 dengan angka sig./probabilitas (p) sebesar 0,01.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan  terdapatnya hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan kepatuhan penderita asma bronkial di wilayah Kerja Puskesmas Bonorowo Kabupaten Kebumen. Selain itu diperoleh kesimpulan pula bahwa tingkat pengetahuan  dan tingkat kepatuhan  penderita asma bronkial mayoritas mempunyai kategori sedang.

Kata kunci: tingkat  pengetahuan asma bronkial,  kepatuhan,

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: