h1

GAMBARAN TINGKAT DEPRESI PADA PASIEN HEMODIALISIS DI RSUP DR. SOERADJI TIRTONEGORO, KLATEN 2008

3 Mei 2009

Bayu Joko Susilo

ABSTRAKSI

Gagal ginjal merupakan penurunan fungsi ginjal secara bertahap dan memerlukan pengobatan dalam jangka panjang berupa hemodialisis, dialysis peritoneal, maupun transplantasi ginjal. Hemodialisis adalah suatu bentuk terapi pengganti ginjal baik pada gagal ginjal yang bersifat akut maupun kronik. Salah satu masalah psikologis yang penting pada pasien hemodialisis adalah depresi karena dapat mengarah pada bunuh diri, mengundurkan diri dari terapi, dan penurunan kemampuan untuk bertahan hidup. Timbulnya depresi dimungkinkan sebagai akibat dari kesadaran bahwa penyakitnya tidak dapat disembuhkan dan pasien harus mengubah gaya hidup. Depresi yang merupakan gangguan patologi dari mood, sering dikarakteristikkan dengan perasaan, tingkah laku dan kepercayaan seseorang tentang dirinya dan dunia misalnya pesimis, putus asa, tidak berdaya, kepercayaan diri rendah, merasa bersalah, harapan negatif, ketakutan akan kemalangan atau bencana di masa datang.

Untuk mengetahui gambaran tingkat depresi pada pasien hemodialisis di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Jenis penelitian Dekriptif dengan rancangan Cross Sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2008 dengan jumlah sampel sebesar 31 pasien. Teknik sampling yang digunakan adalah Non Probability Sampling dengan cara Sampling Jenuh. Data diambil dengan menggunakan koesioner Beck Depression Inventory yang memuat 21 pertanyaan, dimana setiap pertanyaan mewakili satu gejala depresi.

Penelitian menunjukkan bahwa dari 31 pasien hemodialisis, 14(45,16%) mengalami depresi ringan, 9(29,03%) mengalami depresi sedang, 5(16,13%) tidak depresi, dan 3(9,68%) mengalami depresi berat.

Sebesar 14(45,16%) pasien hemodialisis di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten mengalami depresi ringan.

Kata kunci : Tingkat depresi, Hemodialisis

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

8 komentar

  1. mbk bisa kirim skripsi lengkap nya ke email saya, untuk referensi kti saya,,


  2. mas/mbak saya minta izin pakai sebagai referensi skripsi saya. saya minta tlg kl bs kirim lengkapnya ke email saya yah
    mas/mbak,makasih banyak sebelumnya mas/mbak


  3. bisa, minta aslinya enggak


  4. boleh minta file jurnal lengkapnya ga?
    makasih sebelumnya…..


  5. Halo,…..

    Boleh minta skripsi lengkapnya gak ya, please kirim ke email saya

    trims


  6. mb bisa kirim skripsi lengkapnya di email saya..please..!


  7. permisi……
    boleh minta yang lengkapnya?


  8. mas/mbak saya minta izin pakai sebagai referensi skripsi saya. saya minta tlg kl bs kirim lengkapnya ke email saya ya mas/mbak,makasih banyak sebelumnya mas/mbak



Tinggalkan Balasan

