h1

PENGARUH KONSEP MANAJERIAL TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN NON MEDIS DI BP (BADAN PENGELOLA) RSUD DJOJONEGORO KABUPATEN TEMANGGUNG JAWA TENGAH

4 Mei 2009

EVA MARDIANA

ABSTRAK

Gejala penurunan motivasi, prestasi maupun kepuasan kerja pun dapat terlihat secara kualitatif maupun kuantitatif. Oleh karena itu seorang manajer di tuntut harus dapat meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja. Motivasi menjadi suatu hal yang pokok dalam melakukan suatu pekerjaan tanpa didukung oleh motivasi yang kuat maka tujuan sebuah Rumah sakit akan sulit tercapai. Karyawan membutuhkan motivasi dari seorang manajer, tanpa dukungan itu mereka akan sulit berkembang. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di beberapa unit pelayanan observasi terlihat bahwa motivasi kerja karyawan masih rendah. Hal ini dapat di lihat saat peneliti berkomunikasi dengan karyawan, selain itu  semangat kerja yang menurun, pelayanan yang tidak memuaskan, sikap karyawan yang kurang ramah. Gejala tersebut dapat disebabkan oleh suasana manajemen yang kurang menyenangkan, sistem manajerial yang kurang memperhatikan bawahan, dan reward yang tidak sesuai dengan beban kerja.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep manajerial terhadap motivasi kerja karyawan di BP RSUD Djojonegoro Temanggung Jawa Tengah. Penelitian ini dilaksanakan di BP RSUD Djojonegoro Kabupaten Temanggung Jawa Tengah dengan menggunakan rancangan penelitian asosiatif. Subyek penelitian adalah karyawan non medis di BP RSUD Djojonegoro Temanggung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2008. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 78 sampel. Analisis yang digunakan yakni menggunakan rumus uji statistik Regresi Linier Sederhana.

Dengan bantuan program SPSS 11 pada uji statistik regresi linier sederhana, diperoleh nilai konstanta (a) sebesar 58,505 dan nilai b sebesar 0,132, hal ini  berarti variabel Konsep Manajerial semakin baik (bertambah satu point) maka Motivasi Kerja Karyawan di RSUD Djojonegoro akan mengalami peningkatan sebesar 0,132 point dan sebaliknya. Untuk nilai F hitung diperoleh bahwa F hitung > F tabel (4,406 > 3,94), sehingga Hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Koefisien determinasi sebesar 0,05 atau 5% dari Motivasi Kerja Karyawan (Y) dipengaruhi secara bersama-sama oleh variabel Konsep Manajerial (X).

Kata Kunci : Konsep Manajerial dan Motivasi

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

2 komentar

  1. tertarik nich sama judulnya…..
    boleh minta contoh skripsix donk….
    makasih yah sebelumnya…..


  2. skripsi ini sangat menarik…



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: