h1

FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PELAYANAN YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS II DI RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA TAHUN 2008

4 Mei 2009

ABSTRAK

Latar Belakang : Penelitian tentang kepuasan merupakan hal yang sangat penting khususnya bagi sebuah rumah sakit. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa keberhasilan sebuah rumah sakit tergantung pada diterima atau tidaknya produk jasa pelayanan kesehatan yang ditawarkan kepada pasien. Dan Rumah Sakit Bethesda selaku rumah sakit swasta yang berdiri dibawah YAKKUM memiliki paradigma yang positif dimata masyarakat, namun berdasarkan hasil wawancara kepada 10 orang pasien 6 orang mengatakan kurang puas dengan pelayanan yang ada di rawat inap kelas II Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta, padahal pasien telah membayar biaya yang lebih besar dibandingkan pasien kelas III tetapi pelayanan yang diterima pasien sama saja seperti yang diterima  oleh pasien rawat inap kelas III.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap kelas II, mengetahui pengaruh persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pasien dan faktor yang paling dominan dari kualitas pelayanan rawat inap kelas II di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta.

Metodelogi Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan cross sectional. Obyek penelitian ini adalah pasien rawat inap kelas II Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta dengan sampel penelitian sejumlah 71 responden, dengan teknik pengambilan secara purposive sampling yang memenuhi kriteria subjek penelitian, tempat penelitian di ruang rawat inap kelas II Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta, waktu penelitian pada bulan Maret-Mei 2008.

Hasil : Penelitian ini menujukkan bahwa hubungan antara variabel kualitas pelayanan dokter, perawat, administrasi masuk, gizi, kebersihan, administrasi keluar rumah sakit (X) dengan variabel kepuasan pasien rawat inap kelas II (Y) menunjukkan hubungan yang sangat kuat sebesar 0,984 dan Dari hasil analisis regresi linier berganda diketahui R square (R2) = 0,968, angka ini menunjukkan bahwa variabel independen secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel dependen adalah sebesar 96,8% melalui persamaan regresi :

Y = -2,211+1,82X1+2,691­­­ X2+1,387X3+0,569X4+0,910X5+0,603X6 berdasarkan nilai t hitung sebesar 8,509 bahwa kualitas pelayanan perawat yang paling dominan terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas II Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta.

Kata Kunci : Faktor-faktor kualitas pelayana, kepuasan pasien rawat inap.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

4 komentar

  1. boleh ngak mintak tolong kirim skipsi yang diatas


  2. boleh gak minta tolong kirimin skripsi yg d atas


  3. boleh ngak minta tolong kirimkan skripsi yang diatas


  4. boleh ngak mintak tolong kirim skipsi yang diatas



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: