h1

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUTUSAN UNTUK MELAKUKAN PERSALINAN DI HAPPY LAND MEDICAL CENTRE YOGYAKARTA

4 Mei 2009

ABSTRAK

Pelayanan kesehatan khususnya di Indonesia akhir-akhir ini telah menjadi sorotan masyarakat terhadap kinerja yang telah diberikan. Upaya perbaikan mutu dan kinerja pelayanan kesehatan di Indonesia telah dilakukan melalui diterapkannya gugus kendali mutu dan total quality management terhadap pelayanan kesehatan khususnya rumah sakit.

Happy Land dibawah naungan PT. Tripillar Medis Jaya dengan dukungan dokter-dokter yang profesionaldan peralatan kedokteran yang modern akan dijadikan barometer untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pelayanan di Happy Land Medical Centre terdiri dari pelayanan medis dan oriental dengan jumlah kunjungan terbesar adalah kunjungan dibagian poliklinik kebidanan dan kandungan, sehingga poliklinik kebidanan dan kandungan akan dijadikan kunci utama untuk meningkatkan jumlah angka persalinan dan rawat inap di Happy Land Medical Centre Yogyakarta. Dari hasil evaluasi terhadap pasien kebidanan kandungan periode Januari sampai dengan Mei tahun 2007 terdapat opportunity gap atau selisih antara hasil pasien yang seharusnya melakukan dengan kenyataan yang ada yaitu dengan peluang 158 pasien dalam 5 bulan disbanding dengan 115 angka partus riil dalam periode yang sama. Hal ini disebabkan karena adanya missing patient (pasien yang tidak melakukan kunjungan di poliklinik kebidanan £ 2X).

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui proses keputusan pasien kebidanan, mengetahui faktor –faktor  yang berhubungan dengan keputusan pasien kebidanan untuk melakukan persalinan di Happy Land Medical Centre, mengetahui kualitas pelayanan, menemukan cara untuk mempengaruhi keputusan pasien kebidanan untuk melakukan persalinan di Happy Land Medical Centre, cara menurunkan angka missing patient yang sekaligus meningkatkan angka kunjungan per orang menjadi lebih dari 2 kali dan mengetahui intervensi markerting untuk meningkatkan angka partus di Happy land Medical Centre Yogyakarta.

BAHAN DAN CARA PENELITIAN

Desain penelitian ini adalah deskriptif model cross sectional yaitu memberikan gambaran hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Populasi ini adalah pasien kebidanan Happy Land  Medical Centre dengan sampel diambil secara simple random samplingsebesar 50 pasien kebidanan. Data dikumpulkan melalui angket tentang faktor –faktor  yang berhubungan dengan keputusan pasien untuk melakukan persalinan di Happy land Medical Centre Yogyakarta yang terdiri dari 25 pertanyaan (25 sub variabel), yang dibagi menjadi 6 (enam) variabel bebas yang diteliti dan 1 variabel pendukung (Sosio Demografi). Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert. Berdasarkan skala ini responden diminta memberikan respon terhadap setiap pertanyaan yang memilih salah satu diantara 4 pilihan yang sifatnya berjenjang. Anlisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif kuantitatif, proporsi dan uji crosstab (Uji Chi Square). Analisis deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan secara umum mengenai karakteristik subjek penelitian melalui distribusi frekuensi. Analisis faktor  proporsi digunakan untuk mengetahui faktor  yang paling dominant terhadap keputusan melakukan persalinan  di Happy Land Medical Centre. Analisis Chi square digunakan untuk mengetahui hubungan antara su-sub variabel penelitian.

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan: pertama, faktor yang berhubungan dengan keputusan pasien kebidanan untuk melakukan persalinan di rumah sakit Happy Land Medical Centre adalah faktor lokasi (jarak, transportasi, peta lokasi, biaya transportasi), faktor harga (penghasilan bersih, biaya perawatan), faktor fasilitas (medis, penunjang medis, non medis), faktor personel (keramahan dan kecepatan dokter, perawat, petugas penunjang medis), faktor informasi (informasi umum, kejelasan, pelayanan bagian informasi, pemanfaatan papan informasi) dan faktor pelayanan (kemudahan, kecepatan pelayanan), kedua, faktor Personel adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan pasien kebidanan untuk melakukan persalinan di Rumah Sakit Happy Land Medical Centre, dan ketiga hasil uji statistik Chi Kuadrat didapat hubungan yang sangat bermakna antara sub variabel letak, tarif layanan, kelengkapan fasilitas medis dan penunjang medis, motivasi dokter dan pelayanan informasi dengan keputusan melakukan persalinan di Rumah Sakit Happy Land Medical Centre,. Sedangkan sub variabel jarak, penghasilan, fasilitas penunjang non medis, keramahan kecepatan dokter dan perawat, manfaat papan informasi, serta kemudahan dan kecepatan pelayanan tidak mempunyai hubungan yang bermakna dengan keputusan memilih rumah sakit Happy Land Medical Centre untuk tempat persalinan.

Kata Kunci: “Faktor-faktor dan Keputusan Melakukan Persalinan”

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

2 komentar

  1. assalamualaikum..
    mas kalau bisa sya mau lihat kseluruhan dri skripsi ini untk rferensi sya…bleh g ms??
    jika bleh tlng krim ke email sya yah…
    terimakasih….


  2. assalamualaikum..
    ms kalau bsa sya mau lihat keseluruhan dari skripsi ini untk rferensi sya…bleh ga ms?i?
    jika bleh tolong krim ke email sya yah…
    terimakasih….



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: