h1

HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS PANGGANG I KABUPATEN GUNUNGKIDUL

5 Mei 2009

Muchamad Cholid Widodo

ABSTRAKSI

Mutu/kualitas mengimplikasikan memenuhi atau melebihi harapan tentang ketepatan waktu, akurasi pekerjaan, kecepatan tanggapan dan unjuk kerja. Membangun kepuasan pasien merupakan inti dari pencapaian profitabilitas jangka panjang yaitu mempertahankan customer sehingga Puskesmas akan survive. Kepuasan merupakan perbedaan antara harapan dan unjuk kerja, apabila harapan tinggi. Sementara unjuk kerjanya biasa-biasa saja, kepuasan tidak akan tercapai (konsumen akan merasa kecewa). Sebaliknya apabila unjuk kerja melebihi dari yang diharapkan, kepuasan meningkat karena harapan yang dimiliki konsumen cenderung selalu meningkat sejalan dengan meningkatnya pengalaman pasien.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Panggang I kabupaten Gunungkidul, sedangkan tujuan kususnya adalah untuk mengetahui mutu pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien berdasarkan pada lima dimensi mutu yaitu Reliability (kehandalan), Responsivennes (kesigapan), Assurance ( Jaminan), Empaty (empati) dan Tangible ( keberwujudan).

Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan metode survey melalui pendekatan cros sectional atau dengan kata lain metode survey adalah suatu penelitian yang mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data pokok.

Adapun statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik korelasi product moment yaitu untuk menganalisis data sampel melalui bantuan program SPSS. Mengenai jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 sampel. Hasil dari penelitian ini, setelah dilakukan uji hipotesis asosiatif dengan teknik korelasi yaitu sebesar 0,613, termasuk pada interval 0,60 – 0,799 dinyatakan pada kategori kuat. Jadi terdapat hubungan yang kuat antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien.

Kata kunci : Mutu, Kepuasan, Korelasi.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

5 komentar

  1. saya bisa liat skipsi yang lengkapnya gk? mohon perhatiannya,saya sanggat butuh.mksh….


  2. pengen baca versi lengkap skripsi diatas,thank u


  3. saya juga ingin tahu lebih dalam lg hasil pengukuran mutu pelayanan kesehatan,menurut saya ini hal yg sangat penting,saya juga ingin donlod tolong bantu saya


  4. saya ingin donlod proposal ttg hubungan kepuasan pasien dengan pemanfaatan kembali jasa pelayanan keshatan di puskesmas, tlg bantu saya


  5. ingin tau buat di definisi oprasionalnya mengukur mutu pelayanan kesehatan menggunakan skaloa ap ?
    terimakasih



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: