h1

HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT JIWA DAERAH SURAKARTA

8 Mei 2009

Dwi Sri Hartanti

ABSTRAKSI

Penelitian ini untuk  mengetahui: 1. Hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja perawat di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta, 2. Kepuasan kerja perawat di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta, dan 3. Kinerja perawat di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta dengan jumlah populasi sebanyak 120 perawat. Sampel diambil secara proportional random sampling sejumlah 92 orang perawat. Data diperoleh dengan menggunakan Angket, Observasi, dan Wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik korelasi tata jenjang dan analisis interaktif.

Hasil analisis data dengan analisis korelasi tata jenjang diperoleh harga r hitung sebesar 0,39, lebih besar  dari harga r tabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 0,364 yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kepuasan kerja dengan kinerja perawat di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta. Harga koefisien korelasi tersebut termasuk dalam kategori rendah. Hasil analisis interaktif menunjukkan bahwa gaji dan insentif yang diterima cukup, ada kesempatan untuk pengembangan karier, hubungan yang harmonis dengan teman sejawat dan pimpinan, penempatan kerja sesuai dengan kemampuan dan keinginan, jenis pekerjaan sesuai latar belakang pendidikan, struktur organisasi cukup baik, pengawasan dilakukan secara berjenjang, langsung, dan melalui DP3, kemampuan kerja cukup. Sedangkan kinerja perawat ditunjukkan oleh adanya rasa percaya diri terhadap kemampuan dalam melaksanakan tugas pekerjaan, berusaha mencari cara terbaik dalam melaksanakan tugas, komunikasi terhadap pasien diusahakan dan dilakukan dengan komunikasi terapiutik dan Bina Hubungan Saling Percaya,  hasil pekerjaan cukup memuaskan, penyelesaian pekerjaan terkadang lebih banyak dari biasanya dan tergantung pada jenis pekerjaannya, dan perawat memiliki keterampilan dalam melakukan tugas pekerjaan.

Penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan kerja dengan kinerja perawat di RSJD Surakarta. Secara kualitatif, penelitian menyimpulkan bahwa kepuasan kerja perawat cukup baik dan kinerja perawat juga termasuk cukup.

Kata kunci: Kepuasan, Kinerja, Perawat.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

6 komentar

  1. judul skripsi tentang menejem instalasi di rumah sakit


  2. saya sangat butuh . bisa saya minta kopyannya


  3. bisa kirimkan file lengkapya kebetulan sama dengan judul saya terimah kasih


  4. bisa minta shoft copynnya juga, kebetulan sedang rancang proposal yang hampir mirip


  5. mnta selengkapx dong…


  6. Saya sangat tertarik dengan skripsi ini.. Kebetulan skripsi saya, hampir sama dengan skripsi ini.. Tolong kirimkan copyannya.. GBU



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: