h1

HUBUNGAN KARAKTERISTIK PENDERITA TBC DENGAN SUSPEC TBC PARU BTA POSITIF DI PUSKESMAS GONDANG KABUPATEN SRAGEN

15 Januari 2013

Hariyanto

 

ABSTRAKSI

 

Di Indonesia saat ini diperkirakan terdapat 583.000 penderita TBC menular setiap tahunnya atau 15/100.000 penduduk dengan angka insiden 225.000 kasus pertahun. Sebagian besar penderita penyakit ini adalah kelompok usia produktif yaitu 15-50 tahun, dan terbanyak adalah dewasa muda. Angka pada pria selalu cukup tinggi pada semua usia, tetapi pada wanita cenderung menurun tajam sesudah melewati usia subur. Faktor kemiskinan sangat berpengaruh terhadap kejadian TBC di masyarakat. Sejak tahun1964 WHO menetapkan bahwa diagnosa TBC bisa ditegakkan dengan ditemukannya Mycobacterium tubercolosis pada tiga kali pemeriksaan dahak yang setaraf dengan pembiakan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik penderita TBC dengan Suspec TBC paru BTA positif di Puskesmas Gondang.

Penelitian ini merupakan explanatory research dengan metode survey wawancara dan pemeriksaan laboratorium dengan menggunakan pendekatan cross sectional.

Dari 80 responden didapatkan 11 (13,8%) dengan BTA positif. Hasil analisis dengan uji chi square didapatkan x2 = 4,396; p = 0,036 (p<0,05) menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara umur dengan TBC paru BTA positif.

Dengan chi square yang sama didapatkan x2 = 4,838; p = 0.028 (p<0,05) ada hubungan yang bermakna antarajenis kelamin dengan TBC paru BTA positif.

Dengan chi square yang sama didapatkan x2 = 17,265; p = 0.000 (p<0,05) ada hubungan yang bermakna antarajpendapatan keluarga dengan TBC paru BTA positif.

Upaya penemuan kasus TBC paru BTA positif secara dini akan mengurangi resiko penularan sehingga diperlukan upaya peningkatan penyuluhan atau sosialisasi tentang TBC paru pada masyarakat kelompok resiko.

Kata kunci :  TBC paru BTA positif, karakteristik suspec TBC, Puskesmas  Gondang.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

2 komentar

  1. as ,,bleh g saya minta data selanjut ea untuk kljrn tugas sya


  2. saya mau skripsi ini yang lengkap.tlong dikirim ya>>makasih



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: