h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANTENATAL CARE DENGAN KEPATUHAN ANTENATAL CARE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PLERET KECAMATAN PLERET KABUPATEN BANTUL TAHUN 2010

15 Januari 2013

INTISARI

Desyana Aisyah Prihandini

Menurut SKDI 2005 diperoleh data angka kematian Ibu (AKI) di Indonesia saat melahirkan tercatat 307 per 100.000 kelahiran hidup. Penyebab langsung yang berkaitan dengan kematian ibu adalah komplikasi pada kehamilan, persalinan dan nifas yang tidak tertangani dengan baik dan tepat waktu. Untuk meminimalisir hal tersebut, maka pemeriksaan kehamilan atau antenatal care sangat dibutuhkan. Di sisi lain, tercapainya target antenatal care tidak lepas dari peran ibu hamil itu sendiri. Pengetahuan ibu hamil mengenai antenatal care diharapkan akan mendorong ibu hamil untuk lebih patuh dalam melakukan pemeriksaan kehamilan.
Diketahuinya hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang antenatal care dengan kepatuhan ibu hamil dalam melakukan antenatal care di wilayah kerja Puskesmas Pleret, Bantul.
Penelitian dengan metode deskriptif analitik. Menggunakan pendekatan waktu cross sectional. Subjek penelitian adalah ibu hamil yang memeriksakan kehamilan di wilayah kerja Puskesmas Pleret, Bantul. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Uji statistik menggunakan rumus Kendall’s Tau.
Menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu tentang antenatal care dengan kepatuhan ibu hamil dalam melakukan antenatal care di wilayah kerja Puskesmas Pleret, Bantul yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan rumus Kendall’s Tau diketahui bahwa koefisien korelasi yang dihasilkan sebesar 0,402 pada signifikansi 0,023 dimana signifikansi tersebut lebih kecil dari 5% (sig. p 0,023<0,05).
Terdapat hubungan yang positif dan sangat bermakna sebesar 0,402 atau 40,2% antara tingkat pengetahuan ibu tentang antenatal care dengan kepatuhan ibu hamil dalam melakukan antenatal care di wilayah kerja Puskesmas Pleret, Bantul.

Kata Kunci : Pengetahuan, Atenatal Care, Kepatuhan Antenatal Care

4 komentar

  1. mbak pbagus banget boleh gak kirim via email ttg kebidanan2 nya, tks


  2. mohon kirimkan ke email sya yaaa tentang jurnal2 kebidanan, karna semua jurnal tentang kebidanan disini bagus2, tks yaaa


  3. Selmat pagi ibu desyana,, sy mahasiswa dari Jakarta.. mau bertanya kepada ibu, apa boleh sy mendapatkn jurnal ini scara lengkap ?? terima kasih..


  4. judul ini bagus bisa minta tolong buat di kirim bab III dan kuesionernya ke email saya,terimakasih



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: