h1

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI FILM DAN PERAGAAN CUCI TANGAN TERHADAP CARA CUCI TANGAN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BLUNYAHAN SEWON BANTUL

13 Juli 2014

ABSTRAK

Putu Meitia Suwandari

Latar Belakang : Kebiasaan cuci tangan tahun 2013 menurun dari 94,27% menjadi 90,72%. Meningkatkan kebiasaan cuci tangan dapat dilakukan dengan memberikan pendidikan kesehatan. Sasaran pendidikan kesehatan ini yaitu siswa SD N 2 Blunyahan Sewon Bantul . Kurangnya kesadaran siswa untuk mencuci tangan ini ditunjukkan dari siswa tidak bisa melakukan cuci tangan yang benar, mencuci tangan tidak menggunakan sabun, dan kurangnya pendidikan kesehatan yang diberikan dari pihak institusi menyebabkan siswa kurang termotivasi untuk melakukan cuci tangan yang benar.
Tujuan : Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui film dan peragaan cuci tangan terhadap cara cuci tangan siswa SD N 2 Blunyahan Sewon Bantul tahun 2014.
Metode Penelitian : Jenis Penelitian yang digunakan bersifat eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel sebanyak 64 responden yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dan pengambilan sampel dengan tehnik total sampling. Pengumpulan data menggunakan check list kemudian dianalisis menggunakan uji beda paired t-test.
Hasil : Rata-rata cara cuci tangan responden sebelum diberikan pendidikan kesehatan pada kelompok eksperimen adalah 72,81 dengan SD sebesar 13,25 dan rata-rata cara cuci tangan responden setelah diberikan pendidikan kesehatan adalah 92,50. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 19,6 dengan SD 14,25. Analisis dengan paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi 0,000 (p<0,05).
Kesimpulan : Ada pengaruh pendidikan kesehatan melalui film dan peragaan cara cuci tangan yang benar terhadap cara cuci tangan siswa SD N 2 Blunyahan Sewon Bantul, dan secara statistik bermakna (Sig=0,000)

Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan, Film, Cuci Tangan

Karya Tulis Ilmiah ini milik Akbid Yo Yogyakarta, Anda dapat membacanya di perpustakaan Akbid Yogyakarta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Atau jika Anda ingin memperoleh soft copy full teksnya silahkan hubungi: stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda (ketentuan berlaku).

PERHATIAN : Pastikan Anda telah menuliskan nama dan alamat email Anda dengan benar.

5 komentar

  1. boleh saya minta soft copy filenya.. buat referensi skripsi saya.. tolong kirim ke email saya


  2. boleh saya minta soft copy filenya. buat referensi skripsi saya


  3. bolehkah saya minta soft copy filenya,,,,,lagi butuh referensi buat skripsi saya..


  4. bagaimana cara saya mendapatkan dokumen judul skripsi ini dengan lengkap ?


  5. boleh saya minta soft copy filenya.. buat referensi skripsi saya.. tolong kirim ke email saya



Tinggalkan Balasan

