h1

PERBEDAAN ANGKA KEJADIAN DIARE TIAP BULAN PADA BALITA DI PUSKESMAS MERGANGSAN DAN PUSKESMAS PLERET BANTUL PERIODE TAHUN 2013

13 Juli 2014

INTISARI

Puspita Dewi

Latar Belakang: Penyakit diare masih merupakan masalah global dengan derajat kesakitan dan kematian yang tinggi di berbagai negara terutama di negara berkembang seperti Indonesia, dan sebagai salah satu penyebab utama tingginya angka kesakitan dan kematian anak di dunia khusunya pada anak dibawah lima tahun. Pada usia ini anak banyak mengalami permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan pola makan. Padahal pada usia tersebut juga anak sangat aktif dan lebih rentan terhadap penyakit-penyakit infeksi terutama yang menyerang saluran pencernaan.
Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan angka kejadian diare pada balita di Puskesmas Mergangsan dan Puskesmas Pleret periode tahun 2011. Apakah ada perbedaan angka kejadian diare pada balita di Puskesmas Mergangsan dengan Puskesmas Pleret.
Metode: Penelitian merupakan penelitian induktif komparasi. Sampel penelitian adalah data angka kejadian penyakit diare di Puskesmas Mergangsan Yogyakarta dan Puskesmas Pleret Bantul pada tahun 2011. Pengambilan sampel menggunakan total sampling. Alat ukur yang digunakan adalah buku catatan rekam medis/arsip laporan di Puskesmas . Uji statistik menggunakan rumus z.
Hasil: Menunjukkan tidak ada perbedaan antara angka kejadian diare pada balita di Puskesmas Mergangsan dengan angka kejadian diare pada balita di Puskesmas Pleret dengan z hitung sebesar 0,408 dimana z < z ½ (1-α) tabel (0,408 < 2,07).
Kesimpulan: Tidak ada perbedaan bermakna antara angka kejadian diare pada balita di Puskesmas Mergangsan dengan angka kejadian diare pada balita di Puskesmas Jetis.

Kata Kunci: Angka Kejadian Diare pada Balita, Puskesmas Mergangsan, Puskesmas Pleret.

Karya Tulis Ilmiah ini milik STIKES Alma Ata Yogyakarta, Anda dapat membacanya di perpustakaan STIKES Alma Ata Yogyakarta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Atau jika Anda ingin memperoleh soft copy full teksnya silahkan hubungi: stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda (ketentuan berlaku).

PERHATIAN : Pastikan Anda telah menuliskan nama dan alamat email Anda dengan benar.

2 komentar

  1. Kirim dong filenya buat bahan referensi.


  2. Kirim dong filenya buat bahan referensi.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: