h1

PERBEDAAN BERAT BADAN BAYI LAHIR DI PUSKESMAS JETIS DAN PUSKESMAS MERGANGSAN YOGYAKARTA PERIODE BULAN JANUARI-MARET TAHUN 2012

13 Juli 2014

INTISARI

Dwi Lestari

Latar Belakang: Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan menegaskan bahwa seorang anak berhak untuk hidup, tumbuh dan berkembang secara optimal. Pemeriksaan Berat Bayi Lahir (BBL) bertujuan untuk mengetahui sedini mungkin kelainan pada bayi. Risiko terbesar kematian BBL terjadi pada 24 jam pertama kehidupan, sehingga jika bayi lahir di fasilitas kesehatan sangat dianjurkan untuk tetap tinggal di fasilitas kesehatan selama 24 jam pertama.
Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan berat badan bayi lahir di Puskesmas Jetis dan Puskesmas Mergangsan periode Januari – Maret 2012. Apakah ada perbedaan berat badan lahir bayi di Puskesmas Mergangsan dengan Puskesmas Jetis.
Metode: Penelitian merupakan penelitian induktif. Menggunakan pendekatan waktu cross sectional. Sampel penelitian adalah berat badan lahir bayi di Puskesmas Mergangsan dan Puskesmas Jetis. Pengambilan sampel berdasarkan tabel krecjie. Alat ukur yang digunakan adalah buku catatan hasil penimbangan berdasarkan data di Puskesmas . Uji statistik menggunakan rumus z.
Hasil: Menunjukkan tidak ada perbedaan antara berat badan lahir bayi di Puskesmas Mergangsan dengan berat badan lahir bayi di Puskesmas Jetis dengan z hitung sebesar 0,134 dimana z < z ½ (1-α) tabel (0,134 < 1,96).
Kesimpulan: Tidak ada perbedaan bermakna antara berat badan lahir bayi di Puskesmas Mergangsan dengan berat badan lahir bayi di Puskesmas Jetis.

Kata Kunci : Berat Badan Lahir Bayi, Puskesmas Mergangsan, Puskesmas Jetis.

Karya Tulis Ilmiah ini milik STIKES Alma Ata Yogyakarta, Anda dapat membacanya di perpustakaan STIKES Alma Ata Yogyakarta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Atau jika Anda ingin memperoleh soft copy full teksnya silahkan hubungi: stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda (ketentuan berlaku).

PERHATIAN : Pastikan Anda telah menuliskan nama dan alamat email Anda dengan benar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: