h1

TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TRIMESTER I TENTANG PENANGANAN EMESIS GRAVIDARUM DI BPS SRIMARTUTI KEMBANGSARI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA 2010

13 Juli 2014

INTISARI
Puspita

Latar Belakang : Perasaan mual dan muntah pada ibu hamil dinamakan emesis gravidarum. Rasa mual dan muntah ini disebabkan karena terjadinya pe ningkatan hormon-hormon kehamilan. Mual dan muntah yang terus berlangsung mengakibatkan cadangan karbohidrat dan lemak habis terpakai untuk keperluan energi dan bisa menyebabkan hiper emesis. Penanganan yang tepat pada ibu hamil dengan emesis gravidarum sangat penting agar kekhawatiran ibu tentang keluhannya itu dapat dikurangi dengan memberi informasi cara menyikapinya dan mengantisipasi keluhan yang menyebabkan ketidaknyamanan ibu.
Tujuan : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil trim ester I tentang penanganan emesis gravidarum di BPS Sri Martuti Kembangsari, Srimartani Piyungan Bantul Yogyakarta tahun 2010.
Metode : Metode Penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei yang termasuk dalam penelitian deskriptif dengan pend ekatan cross sectional . Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil trimester I yang memeriksakan kehamilannya di BPS Sri Martuti Kembangsari, Srimartani Piyungan Bantul Yogyakarta pada tanggal 24 Juli – 23 Agustus 2010 berjumlah 47 orang. Teknik pe ngambilan sampel menggunakan teknik total sampling . Sampel berjumlah 47 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner.
Hasil : Hasil penelitian. Ibu hamil trimester I di BPS Sri Martuti Kembangsari, Srimartani Piyungan Bantul Yogyakarta tahun 2010 sebagia n besar memiliki tingkat pengetahuan baik tentang penanganan emesis gravidarum sebesar 38,3%, umur 20 – 35 tahun berjumlah 39 orang (83,0%), pendidikan menengah berjumlah 29 orang (61,7%) dan responden termasuk kelompok multipara berjumlah 36 orang (76,6%) .
Kesimpulan : Ibu hamil trimester I di BPS Sri Martuti Kembangsari, Srimartani Piyungan Bantul Yogyakarta tahun 2010 sebagian besar memiliki tingkat pengetahuan baik tentang penanganan emesis gravidarum.
Kata kunci: pengetahuan, hamil, trimester I, emesis gravidarum

Karya Tulis Ilmiah ini milik STIKES Alma Ata Yogyakarta, Anda dapat membacanya di perpustakaan STIKES Alma Ata Yogyakarta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Atau jika Anda ingin memperoleh soft copy full teksnya silahkan hubungi: stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda (ketentuan berlaku).

PERHATIAN : Pastikan Anda telah menuliskan nama dan alamat email Anda dengan benar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: