h1

HUBUNGAN ANTARA STRES KERJA DENGAN GANGGUAN KESEHATAN PERAWAT DI IRD RSUP DR.SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN

27 April 2009

Basuki

ABSTRAK

Perawat yang bekerja di Instalasi Rawat Darurat sangat rentan terhadap stres. Stres kerja yang dialami perawat akan sangat mempengaruhi kualitas pelayanan keperawatan yang diberikan kepada pasien. Seorang perawat membutuhkan kesehatan yang prima untuk mengatur suasana hati dan mengendalikan stres, bertahan sehingga memungkinkan bekerja dengan produktif (secara sosial, fisik dan psikologis).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara stres kerja dengan gangguan kesehatan kerja perawat di Instalasi Rawat Darurat RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode cross sectional. Data tingkat kecerdasan emosional dan tingkat stres kerja responden dikumpulkan dengan kuesioner. Subyek penelitian berjumlah 20 orang perawat Instalasi Rawat darurat dengan kriteria : tidak sedang dalam masa cuti atau mendapat tugas belajar, bersedia menjadi responden, dan bukan kepala ruang. Penelitian dilakukan mulai tanggal 3 April 2008 sampai 10 April 2008.

Rata-rata tingkat stres kerja perawat dalam kategori sedang 75% responden, dan rata-rata tingkat gangguan kesehatan dalam kategori tinggi 70% responden. Uji hipotesis menggunakan Spearman Rank dengan tingkat kepercayaan 95% atau a = 0,05. Hasil perhitungan didapatkan r = 0,378 dan p = 0,100.

Tidak ada hubungan yang signifikan dan bermakna antara tingkat stress kerja dengan gangguan kesehatan perawat di Instalasi Rawat Darurat RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Kata Kunci :

Stres kerja, Gangguan Kesehatan, Instalasi rawat Darurat

A. Latar Belakang

Pelayanan dan pertolongan kasus gawat darurat di Rumah Sakit dewasa ini semakin meningkat jumlahnya sebagai akibat dari modernisasi hasil pembangunan, sarana pengangkutan, kepadatan penduduk, lingkungan pemukiman serta kemajuan teknologi di segala bidang. Banyak masalah yang harus di hadapi, baik dari keluarga pasien, beban kerja berlebihan dan harus lebih giat untuk keselamatan pasien, kadang mengalami tekanan dan ketidakpastian. Situasi inilah yang sering memicu terjadinya stres kerja (e-psikologi.com, 2007).

Stres yang berkaitan dengan pekerjaan hampir menyentuh setiap orang. Beberapa jenis pekerjaan penuh dengan stres karena sifat dasarnya mempunyai andil yang besar terhadap timbulnya gangguan kesehatan. Jenis pekerjaan ini misalnya, pengatur lalu lintas udara, polisi, perawat ruang gawat darurat, paramedis dan pemadam kebakaran (Ardan, 2006).

Penelitian dari National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) menetapkan perawat sebagai profesi yang beresiko sangat tinggi terhadap stress (Schultz dan Schultz, 1994) hasil penelitian selye (1996) menunjukkan alasan mengapa profesi perawat mempunyai resiko yang sangat tinggi terpapar oleh stres adalah karena perawat memiliki tugas dan tanggungjawab yang sangat tinggi terhadap keselamatan nyawa manusia. Selain itu ia juga mengungkapkan pekerjaan perawat mempunyai beberapa karakteristik yang dapat menciptakan tuntutan kerja yang tinggi dan menekan. Karakteristik tersebut adalah otoritas bertingkat ganda, heterogenitas personalia, ketergantungan dalam pekerjaan dan spesialisasi, budaya kompetitif di rumah sakit, jadwal kerja yang ketat dan harus siap kerja setiap saat. Serta tekanan–tekanan dari teman sejawat. Hasil penelitian numerof dan abramis (dalam bery) menyatakan bahwa perawat di instalasi perawatan intensif dan unit gawat darurat memiliki tingkat stres lebih tinggi dibanding dengan perawat di unit lain.

Stres kerja yang dihadapi oleh perawat akan sangat mempengaruhi kualitas pelayanan keperawatan yang diberikan kepada pasien (Robin, 1998) sedangkan menurut penelitian Baker. dkk (1998) stres yang dialami seseorang akan merubah cara kerja system kekebalan tubuh. Akibatnya, orang tersebut cenderung sering mudah terserang penyakit yang cenderung lama penyembuhannya karena tubuh tidak banyak memproduksi sel–sel kekebalan tubuh ataupun sel–sel antibodi banyak yang kalah. Kesehatan dan efektifitas kerja karyawan karena memiliki efek pada aspek fisik dan psikologis.

Hasil dari penelitian Tyas (2006) menunjukkan adanya hubungan antara tingkat stres kerja dengan tingkat empati pada perawat di instalasi rawat inap RSUD kota yogyakarta. Berdasarkan hasil riset PPNI (2006) bahwa 50,9% perawat Indonesia yang bekerja di empat provinsi mengalami stres kerja sering pusing, lelah, tidak ada istirahat karena beban kerja terlalu tinggi dan menyita waktu, gaji rendah dan insentif yang tidak memadai.

Instalasi rawat darurat RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten sebagai pintu gerbang pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang memiliki tenaga perawat 21 orang terdiri dari 19 orang pegawai tetap dan 2 orang perawat kontrak, dengan jumlah perawat tiap shiftnya 4 orang kecuali shift pagi ditambah 1 orang kepala ruang, 1 orang pembimbing klinik, 1 orang penanggungjawab logistik dan 2 orang sedang menjalani tugas belajar. Setiap bulan rata-rata menangani pasien 1600 kasus pasien atau 53 kasus pasien dalam satu hari mulai dari tingkat gawat sampai sangat gawat (Sumber data catatan medik RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, 2007).

Hasil studi pendahuluan pada tanggal 11 januari 2008 yang dilakukan peneliti melalui wawancara kepada 16 perawat instalasi rawat darurat, mereka memberikan jawaban bahwa secara umum semua mengetahui istilah stress kerja. Kemudian 8 orag dari 16 orang menyadari bahwa pekerjaan perawat merupakan sebuah pekerjaan yang berisiko terhadap timbulnya rasa stress. Namun demikian hanya 7 orang yang benar-benar menyadari bahwa dengan adanya stres kerja dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Ini bisa ditunjukkan dengan hasil kritik dan saran tentang prestasi kerja dan Asuhan keperawatan yang menurun (koordinasi kepala ruang 2008) penurunan kualitas hubungan interpersonal 10% pindah tugas 20% memendam perasaan 10%, ketegangan kerja 10% (Data IRD RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten).

Merujuk dari faktor-faktor diatas seperti belum sepenhunya rumah sakit memberikan rasa aman, dan nyaman, mereka mengelu dan mengatakan bahwa saat ini stres kerja yang dialami perawat instalasi rawat darurat RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten sangat tinggi akibat banyaknya pasien dan tindakan yang harus ditangani dan keadaan ini tidak diimbangi dengan penambahan staf tenaga perawat, karena berdasar rumus Depkes 2002, dan penghitungan tenaga dari bidang perawatan yang disesuaikan dengan kondisi IRD RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten jumlah tenaga perawat keseluruhan seharusnya total 31 orang (sumber data kebutuhan tenaga IRD 2007) dan insentif yang proporsional sehingga perawat harus bekerja lebih keras. Melihat banyaknya kasus pasien dan kondisi kerja yang tidak stabil tiap harinya sehingga membuat perawat sangat rentan mengalami distres dalam bekerja, sementara itu menurut John Newmen (2000) stres akibat pekerjaan bisa mempengaruhi tiga aspek yaitu gejala psikologis, psikis dan perilaku. Ini bisa ditunjukkan dengan hasil kritik dan saran tentang prestasi kerja dan asuhan keperawatan yang menurun (koordinasi kepala ruang 2008), penurunan kualitas hubungan interpersonal 10 % pindah tugas 20%, memendam perasaan 10%, ketegangan kerja 10%. (data IRD RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan data yang telah diuraikan pada latar belakang, maka rumusan masalah adalah “Adakah hubungan antara stres kerja dengan gangguan kesehatan perawat di instalasi rawat darurat RSUP Dr.Soeradji Tirtonegoro Klaten ?”

C. Tujuan Penelitian

1. Tujuan Umum

Untuk mengetahui hubungan stres kerja dengan gangguan kesehatan perawat di IRD RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

2. Tujuan Khusus

a. Diketahuinya stres kerja perawat IRD RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

b. Diketahuinya gangguan kesehatan perawat IRD RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

D. Manfaat Penelitian

1. Bagi Institusi Rumah Sakit

a. Memberikan masukan kepada rumah sakit selaku pemberi pelayanan kesehatan (yang didalamnya terdiri dari salah satu komponen karyawan terbesar yaitu perawat, untuk melakukan kebijakan dalam pengelolaan stres kerja terhadap perawat.

b. Memberikan masukan kepada rumah sakit sebagai penetap kebijakan untuk memperhatikan dan merencanakan sumber daya manusia kesehatan secara komprehensif.

2. Bagi Profesi

a. Membantu profesi perawat dalam mempelajari sekaligus mengenali bahwa pekerjaan perawat adalah sebuah pekerjaan yang beresiko terhadap kondisi kesehatan.

b. Nantinya dapat memberikan stimuli bagi profesi perawat agar dapat mengantisipasi dan dapat melakukan managemen stres secara efektif dan efisien.

c. Nantinya dapat memberikan masukan kepada organisasi profesi agar dapat melakukan suatu kajian-kajian keilmuan terkait dengan managemen stress bagi perawat di wilayah kerjanya.

3. Bagi Penulis

a. Belajar mengasah kemampuan meneliti dan peduli terhadap profesi perawat.

b. Mendorong penulis untuk memulai dan terus mampu mengembangkan diri, berpandangan luas dan bersikap professional

E. Ruang Lingkup

Ruang lingkup materi : materi dibatasi oleh ilmu manajemen stres khususnya bersumber pada stres kerja dengan gangguan kesehatan perawat IRD di Rumah Sakit.

Responden / tempat : perawat di IRD RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Ruang lingkup waktu : penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2007 sampai dengan bulan April 2007.

F. Keaslian Penelitian

Menurut survei pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti, penelitian yang dilakukan untuk mengetahui hubungan antara stres kerja dengan gangguan kesehatan perawat di instansi rawat darurat RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten belum pernah dilakukan.

Penelitian lain yang berhubungan dengan stres kerja antara lain :

1. Ilmi (2003) Pengaruh stres kerja terhadap prestasi kerja dan identifikasi manajemen stres yang digunakan perawat di ruang rawat inap RSUD Ulin Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif dengan rancangan penelitian expost facto variabel stres kerja, stresor pekerjaan dan manajemen stres diukur dengan menggunakan kuesioner secara self assessment dan untuk variabel prestasi kerja diukur dengan cara observasi dengan menggunakan Check List. Rancangan analisis data dilakukan dengan menggunakan cross tab untuk pengaruh stres kerja terhadap gangguan kesehatan, prestasi kerja dan frekuensi serta presentasi dalam pemberian makna penelitian untuk variabel stresor dan manajemen stres.

2. Tyas, Kaprananing (2004) Skripsi. Hubungan antara tingkat stres kerja dengan tingkat empati pada perawat di instalasi rawat inap RSUD kota Yogyakarta, jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif non eksperimental menggunakan pendekatan cross sectional. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara tingkat stres kerja dengan tingkat empati pada perawat di instalasi rawat inap dengan koefisien rank spearman r = 0,511 (hubungan negative) sampelnya 30 perawat yang bekerja di instalasi rawat inap RSUD kota yogyakarta. Perbedaan dengan penelitian yang akan dilakukan peneliti terletak pada lokasi, populasi, sample dan instrument yang digunakan.

Hasil penelitian menyatakan bahwa rumah sakit dapat sebagai sumber stres kerja. Stres kerja berpengaruh terhadap gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan akan mempengaruhi perawat terhadap prestasi kerja. Tinggi rendahnya tingkat stres kerja tergantung dari manajemen stres yang dilakukan oleh individu dalam menghadapi stresor pekerjaan tersebut. Perbedaan dengan penelitian yang akan dilakukan peneliti terletak pada jumlah variabel, lokasi, sample dan instrument yang dipergunakan.

Ingin mendapatkan lengkapnya ? hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan komentar Anda

79 komentar

  1. minta contoh skripsi yg hubungan antara stres kerja dengan kesehatan perwat yg lengkap dong ..pliss


  2. minta info skripsinya yg lengkap ttg hubungan antara stress kerja dg gangguan kesehatan perawat yaah ???pliss


  3. say boleh minta link download untuk judul hubungan beban kerja terhadap stress perawat di ruangan igd yang lengkap?


  4. assalamualaikum . . selamat malam kakak.. saya mahasiswa poltekkes .saya mau minta bantuan. butuh contoh skripsi yang judulnya HUBUNGAN ANTARA STRES KERJA DENGAN GANGGUAN KESEHATAN PERAWAT DI IRD RSUP DR.SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN mohon ketrsediaanya untuk mengirim via email .. terimakasih


  5. Sya lisa , mahasiswa kesehatan masyrakat . Tolong kirimkan skripsinya yang lengkap. Makasih


  6. Assalamualaikum , saya mahasiswi poltekkes kemenkes aceh minta tolong untuk di kirimkan skripsi selengkapnya . terimakasih 🙂


  7. Assalamualaikum , saya minta tolong untuk di kirimkan skripsi selengkapnya . terimakasih 🙂


  8. mba minta tolong krimin skripsi lengkapnya yg hub antr stress kerja dg ggn kshtn prwt..
    mksh


  9. Reblogged this on juwitaratna640 and commented:
    mbaa minta tolong kirimin skripsi lengkapnya yg hub antr stress kerja dengan ggn kshtn prwt..
    mkasiihh


  10. Assalamualaikum , saya minta tolong untuk di kirimkan skripsi selengkapnya . terimakasih 🙂


  11. boleh mnta lengkapnyaa?? plisss 🙂


  12. boleh minta Proposal skripsi dengan judul “HUBUNGAN ANTARA STRES KERJA DENGAN GANGGUAN KESEHATAN PERAWAT DI IRD RSUP DR.SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN”
    klo anda berkenan membantu tolong kirimkan ling dowload nya ke email.
    sesudah dan sebelum nya saya ucapkan bnyak trimakasih


  13. Mbak mohon dikirimkan naskah lengkapnya dong k email saya.saya lagi butuh sekali dengan judul ini.


  14. ass…!!!
    bapak or ibu or mbag mas
    tolong dong saya pengen liat skrip
    judul di atas
    cz untuk buat referensi proposal saya


  15. ass!!
    judul ny bgas skali
    saya bleh minta link download untuk yang versi lengkap ny gak???


  16. saya mahisiswa stikes. muh. gombong bolehkah saya mendapatkan lengkap skripsi tentang hubungan antara stres kerja dengan gangguan kesehatan perawat


  17. mbk boleh liat file nya skripsi dengan jdul ini??
    tlng krm k email sya y.. terimakasih bnyak


  18. mohon di bantu yah mba, untk di share ke saya kelanjutan tulisannya,….trima kasih.


  19. mbk saya minta tlng dikirm failnya yg lengkap karane saya butuh bgt karena tgs dr kampus ..trmakasih


  20. boleh saya minta yg lebih lengkap…


  21. saya minta skripsi ttg hub stress krj dg gg.kes perawat dongg… please..???


  22. gan,, minta link downloadnya…trimakasi..


  23. saya boleh minta Proposal skripsi dengan judul “HUBUNGAN ANTARA STRES KERJA DENGAN GANGGUAN KESEHATAN PERAWAT DI IRD RSUP DR.SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN” sebagai referensi skripsi kuliah saya

    Terima Kasih


  24. saya sangat tertarik sekali dengan topik/judul skripsi diatas. Dan saya butuh sekali skripsi lengkapnya. Bisa ga saya mendapatkan lebih lengkap skripsinya. Saya mohon, terima kasih


  25. kirimkan dong yang lengkapnya pleSHHHHHH Q BT BGT


  26. saya trtarik dengan skripsix, bsa dkrimkan file lengkapx lwaj via email. trmh kasih sblumx. tolong yach


  27. minta kirim file yang lengkap kalau di ijinkan ke email saya.banyak terimakasih


  28. Great site. Plenty of helpful information here. I am sending it to several friends ans also sharing in delicious. And certainly, thank you for your effort!


  29. mbak bagi dong,,awam nih,,tugas dri kampus


  30. Mohon bisa dikirimkan naskah lengkapnya,,
    trim ksh.
    Arie


  31. skripsinya bagus banget,, mohon minta lengkapnya ya. lagi butuh banget
    makasih


  32. mbak di bls ya, butuh banget dgn skripsi ini, mksh


  33. mbak bisa kan skripsi nya dikirim ? inbox ya butuh banget


  34. Bagi dong skripsinya, makasih!


  35. saya mahasiswa fkm uwgm samarinda, saya mau liat lengkapnya + kuesioner yg di pakai,,,, tolong ya,,,,,


  36. minta file lengkapnya dong………..


  37. z ingin membaca lebih jelasx bisa dkirim


  38. saya tertarik ingin membaca lbih jelas lgi…..
    apa bsa dkrim yg lengkap@…..


  39. Bapak / Ibu minta link downloadnya dong untuk HUBUNGAN ANTARA STRES KERJA DENGAN GANGGUAN KESEHATAN PERAWAT DI IRD RSUP DR.SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN !
    Trims


  40. SAYA TERTARIK DENGAN JUDUL YANG ANDA BUAT….BISA KIRIMI SKRIPSI LENGKAPNYA TIDAK……VIA EMAIL SAYA…TRIMA KASIH SEBELUMNYA


  41. saya ingin melihat skripsi ini lebih detail….bisa krim ke email tidak..terimakasih


  42. tolong mnt di kirim kan versi lengkapnya via e-mail atau ada link yang bisa di download?trmksh


  43. saya tertarik ingin tw lebih lanjut dr penelitiannya…bisa minta file lengkapnya….terima kasih.


  44. kalo boleh saya mau liat dlu lengkapnya, makasih


  45. tolong kirim ke email saya ya, mau liat kuesioner yg dipke.makasih 😀


  46. saya tertarik dengan judulnya…jika diperkenankan sy blh minta secara lengkap…! tolong kirimkan via email…, trima kasih byk sblmnya!


  47. kirim ke email saya gan cz butuh bngt but skripsi
    thankz gan


  48. tolog di kirim di email dong


  49. tolong.. kirimin skripsi ini yg lengkap?
    aku butuh bgt bwt refrensiku
    makasih sblm ny
    Via email ajah


  50. SAYA TERTARIK DENGAN JUDUL YANG ANDA BUAT….BISA KIRIMI SKRIPSI LENGKAPNYA TIDAK……VIA EMAIL SAYA…TRIMA KASIH SEBELUMNYA


  51. Tlong dong kirimin ke email saya tentang skripsi ini yang lengkap dong agar bisa menjadi referensi saya dalam penyusunan skripsi saya
    Thankz


  52. tolomg saya di kirim lengkapnya ya,terima kasih. . . . .


  53. tolong dong bisa dikirimi skripsi selengkapnya


  54. Saya, mahasiswi USU yang sedang proses pengerjaan skripsi.. Saya mohon bantuannya dengan mengirimkan versi lengkap dari skripsi ini, agar bisa dijadikan bahan referensi skripsi saya. terimakasih


  55. Judulnya bagus sekali dan saya sangat membutuhkan versi lengkap dari skripsi ini.. Saya minta tolong agar skripsi ini dikirimkan ke email saya.. Terimakasih


  56. saya tertarik dengan judul skripsi ini, info yang lbh lengkapnya dong..
    mksh


  57. judulnya bagus sekali. saya tertarik dengan penelitian tersebut. tolong donk di email skripsinya trims


  58. bisa minta tolong g’ ya, krimin skripsi lengkapx di emailQ…

    Pleaseee…


  59. Boleh diemailkan gk contoh lengkapnya?????
    trims


  60. tolong kirimi saya versi lengkap skripsi ini dong..makasi ya sebelumnya?


  61. Selamat Pagi,
    saya boleh minta Proposal skripsi dengan judul “HUBUNGAN ANTARA STRES KERJA DENGAN GANGGUAN KESEHATAN PERAWAT DI IRD RSUP DR.SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN”
    Terima Kasih


  62. tlong dong sy pengen lihat lengkapnya n d email y………..,
    terima kasih banyak y…………..


  63. sy pngen lihat lebih lngkap nya dunk boleh ya???


  64. boleh minta Proposal skripsi dengan judul “HUBUNGAN ANTARA STRES KERJA DENGAN GANGGUAN KESEHATAN PERAWAT DI IRD RSUP DR.SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN”
    klo anda berkenan membantu tolong kirimkan ling dowload nya ke email.
    sesudah dan sebelum nya saya ucapkan bnyak trimakasih


  65. tolong donk,,saya ingin lyt lengkap contoh skripsi dari judul diatas


  66. saya berminat dengan judul skripsi diatas, gimana caranya…tlg infonya. mksh


  67. Selamat Pagi,
    boleh minta Proposal skripsi dengan judul “HUBUNGAN ANTARA STRES KERJA DENGAN GANGGUAN KESEHATAN PERAWAT DI IRD RSUP DR.SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN”
    Terima Kasih


  68. butuh skripsi ini


  69. bapak or ibu or mbag mas
    tolong dong saya pengen liat skrip
    judul di atas
    cz untuk buat referensi proposal saya


  70. AKU MAHASISWA STIKES RKZ SURABAYA BISAKAH SAYA DAPATKAN MAKALAH LEBIH LENGKAP? TRIMAKASIH


  71. Bapak / Ibu minta link downloadnya dong untuk HUBUNGAN ANTARA STRES KERJA DENGAN GANGGUAN KESEHATAN PERAWAT DI IRD RSUP DR.SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN !
    Trims


  72. tolong kirimi saya versi lengkap skripsi ini dong..makasi ya sebelumnya?


  73. aku mahasiswa umi, bisa tidak di kirimin skripsi selengkapnya, makasi ya sebelumnya,


  74. saya mhswi stikes Binus minta tolong nih,,minta dapus (daftar pustakanya) donk untuk tambahan referensi trimss ya lam..kenal oh,, ya secepatnya ya


  75. ass!!
    saya leh minta link download untuk yang versi lengkap gak???


  76. tolong dong kirimin info lengkapnya,,gw respon banget neh


  77. judulx bgs skali,blh ga dikirim ke email saya…


  78. saya mhswi stikes BPI..bisa ga minta link downloadnya untuk mndapatkan info yg lbih lengkap?
    trimksh..


  79. aku mahisiswa fkm unhas….aku mau dapatkan lengkap skripsi tentang hubungan antara stres kerja dengan gangguan kesehatan perawat…..boleh nda…..????



Tinggalkan komentar