h1

PENGARUH PENYULUHAN POSYANDU TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU BALITA DI DESA PURWOHARJO, SAMIGALUH, KULON PROGO TAHUN 2008, SUPARYONO

4 Mei 2009

ABSTRAK

Latar Belakang : Pembangunan kesehatan masyarakat adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan yang optimal. Angka kematian bayi dan anak di Indonesia masih tergolong cukup tinggi. Sebagai upaya menurunkan angka kematian bayi dan anak di Indonesia oleh pemerintah di Indonesia dikembangkan program KB kesehatan yang operasionalisasinya melalui pos pelayanan terpadu.   Aangka kematian ibu DIY 110/100.000 kh dan angka kematian bayi DIY 15/1.000 kh, untuk tahun 2006 sampai dengan bulan oktober tercatatat sebanyak 6 kasus kematian ibu, 1 kematian terjadi pada salah satu Posyandu di desa Purwoharjo. Faktor predisposisi perilaku kesehatan diantaranya : pengetahuan, sikap, kepercayaan, tradisi, nilai, dan sebagainya.

Tujuan Penelitian : Untuk membuktikan bahwa pemberian penyuluhan tentang posyandu pada ibu balita dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap terhadap posyandu yang pada akhirnya dapat merubah perilaku terhadap posyandu.

Metode Penelitian : Pra eksperintal (quasi eksperiment) dengan one group pre-test post-test design. Lokasi penelitian diambil di Desa Purwoharjo Kecamatan Samigaluh Kulon Progo pada tanggal 31 Desember 2007 dengan subyek penelitian ibu balita bisa baca tulis dan hadir saat peyuluhan. Pada awal penelitian diukur pengetahuan dan sikap sebelum mendapat penyuluhan Posyandu, penelitian selanjutnya mengukur pengetahuan dan sikap setelah mendapat penyuluhan Posyandu dengan menggunakan kuisioner tertutup. Data yang diperoleh dianalisis dengan paired samples statistics menggunakan komputer program SPSS 11,5 .

Hasil : Pemberian penyuluhan Posyandu pada ibu balita dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap dengan ditunjukkan adanya t-hitung pengetahuan -5,383 lebih besar dari t-tabel dan sig 0,000 lebih kecil dari 0,05. t-hitung sikap -5,402 lebih besar dari t-tabel dan sig 0.000 lebih kecil dari 0,05.

Kesimpulan : Pemberian penyuluhan Posyandu pada ibu balita mampu meningkatkan pengetahuan dan sikap terhadap Posyandu.

Kata Kunci : Penyuluhan Posyandu, pengetahuan dan sikap, Ibu Balita

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

12 komentar

  1. assalamualaikum wr wb,
    bolehkah saya ingin melihat lengkapnya,
    untuk refrensi tugas skripsi kuliah saya. Saya mohon
    Terima Kasih
    Wassalam


  2. boleh saya minta file lengkap skripsi ini untuk referensi penelitian kuliah saya? terima kasih


  3. boleh minta file lengkapnya.??


  4. boleh saya minta data lengkapnya skripsi yang berjudul PENGARUH PENYULUHAN POSYANDU TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU BALITA DI DESA PURWOHARJO, SAMIGALUH, KULON PROGO TAHUN 2008, SUPARYONO
    4 Mei 2009
    tolong ya, makasih 🙂


  5. mohon diberi link downloadnya ya min 🙂 mohon pencerahannya , thanks 🙂


  6. assalamualaikum wr wb,
    bolehkah saya ingin melihat lengkapnya,
    untuk refrensi tugas skripsi kuliah saya. Saya mohon
    Terima Kasih
    Wassalam


  7. Saya ingan melihat skripsi ini dengan lengkap,bagaimana caranya..


  8. saya minta filenya lengkap buat bahan TA…
    Makasih


  9. gimana cara memperoleh dokumen lengkapnya…please…


  10. boleh saya dapat skripsi no

    66 donng


  11. saya ingin lihat skripsi ini dengan lengkap, bagaimana caranya?


  12. saya ingin mendapatkan skripsi ini dengan lengkap.bagaimana caranya????



Tinggalkan komentar