h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DENGAN KEPATUHAN BEROBAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2008

3 Mei 2009

Bambang Joko Triyanto

ABSTRAKSI

Latar Belakang :   Kunci keberhasilan pengobatan tuberkulosis paru antara lain dipengaruhi oleh  kepatuhan pasien minum obat.  Salah satu faktor yang mempengaruhi kepatuhan pasien tuberkulosis paru berobat yaitu pengetahuan dan sikap tentang tuberkulosis paru.

Tujuan Penelitian : untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap pasien  tentang tuberkulosis paru dengan kepatuhan pasien berobat di Rumah Sakit Umum Daerah Karanganyar tahun 2008.

Metode Penelitian : deskriptif dengan metode purposif Sampling, terdiri dari  32 pasien pasien tuberkulosis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dengan menggunakan kuesioner. Analisa data dilakukan dengan korelasi chi Square.

Hasil Penelitian : Dilhat dari pengetahuan 56,25% responden dikategorikan mempunyai pengetahuan baik, 37,50 dikategorikan mempunyai pengetahuan sedang dan 6,25% dikategorikan kurang. Dilihat dari sikap 53,13% dikategorikan sedang, 28,13% dikategorikan baik dan 18,75% dikategorikan kurang. Dan dilihat dari kepatuhan 68,8% dikategorikan patuh dan 31,2% dikategorikan tidak patuh.

Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan Penderita  tuberkulosis paru dengan kapatuhan minum obat, r=11,313 dan p= 0,003.  Ada hubungan yang signifikan antara Sikap penderita tuberkulosis paru dengan kapatuhan minum obat, r=9,746 dan  p= 0,008.

Kata Kunci :     Tingkat pengetahuan, Sikap, Kepatuhan berobat,  pasien tuberkuloisi paru.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

19 komentar

  1. Salam kenal pak, mohon bantuannya
    klo bpk berkenan boleh saya minta dikirim skripsinya secara lengkap, untuk literatur laporan saya. terimakasih sebelumnya


  2. Salam kenal pak, mohon bantuannya.
    klo bp berkenan, boleh saya minta contoh skripsinya secara lengkap untuk contoh pembuatan laporan, terimakasih banyak.


  3. kalo boleh saya minta dikirimkann skripsi ini sebagai referensi untuk skripsi saya, kiranya mohon bantuannya..


  4. tlng dikirimin skripsinya secara lengkap ya…….


  5. boleh minta lengkapnya,,,,,bs ga/


  6. boleh minta dikirim skripsi ini yang lengkap ga??
    kirim ke email saya ya…
    makasih sebelumnya..


  7. aslm. bapak boleh sy minta skripsi fullnya untuk bahan referensi skripsi saya?


  8. tolong dikirim contoh kuesioner nya ya pak
    trims


  9. saya tertarik dgn judul ini untuk judul skripsi
    bs tlong dkrim ke email saya ?mhon bntuannya
    terima kasih 🙂
    oleh sri 23 mei 2012 at 20:08


  10. Pak tolong kirim skripsi ini secara lengkap ke email saya…Thanks


  11. tolong dikirim skripsi ini


  12. pak tlng krm skripsi ini scra lngkap ya,,,makasi


  13. ass. lam kenal yach ….

    mas Bambang boleh kirim ke emailku yang lengkapnya ini skripsi Mas …
    thank’s


  14. pak…
    sya mohon tlong kirim kan skripsi ini secra lengkap ke email sya..
    sya tertarik dgn skripsi bpk ini..
    trmksh…


  15. saya tertarik dgn judul ini untuk judul skripsi
    bs tlong dkrim ke email saya ?mhon bntuannya
    terima kasih 🙂


  16. tolong kirimkan beberapa skripsi tentang TB donk buat literatur skripsi saya, terima kasih


  17. salam kenal pak Bambang
    kalau boleh minta dikirim file lengkapnya ke imel saya
    terima kasih


  18. tolog krm skripsi ni scra lengkap ya…
    krn sya butuh bntuan nya…
    thanks


  19. tolong dikrm skripsi ni
    krn sya perlu…



Tinggalkan komentar