h1

TINGKAT KECEMASAN IBU USIA 40-50 TAHUN DALAM MENGHADAPI MENOPAUSE DI RW 11 DUSUN SOROPATEN BANTUL TAHUN 2012

13 Juli 2014

INTISARI

Henyta Pertiwi

Latar Belakang: Secara normal wanita akan mengalami menopause antara usia 40-50 tahun. Menopause yang dialami wanita seringkali menimbulkan kecemasan. Hal ini diketahui dari pengakuan ibu bahwa mereka merasa khawatir tidak cantik lagi, takut tidak dapat memuaskan suami, khawatir suami memperhatikan wanita lain, mudah tersinggung, sering merasakan jantung berdebar-debar dan mudah menangis. Selain itu usia ini sering dikaitkan dengan usia rentan akan penyakit, jika kecemasan tidak cepat diatasi maka akan mengakibatkan stres atau bahkan depresi.
Tujuan: Untuk mengetahui bagaimana tingkat kecemasan ibu usia 40-50 tahun dalam menghadapi menopause di RW 11 Dusun Soropaten Bantul.
Metode: Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan waktu cross sectional. Subjek penelitian adalah ibu usia 40-50 tahun di RW 11 Dusun Soropaten, Bantul sebanyak 33 responden dari 42 populasi yanga ada. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Uji statistik menggunakan rumus frekuensi.
Hasil: menunjukkan 45,5% ibu usia 40-50 tahun mempunyai tingkat kecemasan ringan, 39,4% mempunyai tingkat kecemasan sedang dan 15,2% mempunyai tingkat kecemasan berat.

Kata Kunci: Tingkat Kecemasan, Ibu Usia 40-50 tahun, Menopause, Soropaten Bantul

Karya Tulis Ilmiah ini milik STIKES Alma Ata Yogyakarta, Anda dapat membacanya di perpustakaan STIKES Alma Ata Yogyakarta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Atau jika Anda ingin memperoleh soft copy full teksnya silahkan hubungi: stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda (ketentuan berlaku).

PERHATIAN : Pastikan Anda telah menuliskan nama dan alamat email Anda dengan benar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: