h1

TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TRIMESTER III TENTANG POLA HUBUNGAN SEKSUAL SELAMA KEHAMILAN DI PUSKESMAS PANDAK II BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 2012

13 Juli 2014

INTISARI

Zarra Ozzi Annissa

Latar Belakang: Pengetahuan tentang pola hubungan seksual selama kehamilan seharusnya dimiliki oleh setiap ibu hamil, karena seksualitas selama hamil merupakan suatu komponen integral dari kehidupan seorang wanita, dimana hubungan seksual yang nyaman dan memuaskan merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam hubungan perkawinan. Hasil studi pendahuluan memperlihatkan bahwa masih banyak ibu hamil yang belum mengetahui pola hubungan seksual selama kehamilan.
Tujuan: Untuk mengetahui bagaimana tingkat pengetahuan ibu hamil trimester III tentang pola hubungan seksual selama kehamilan di Puskesmas Pandak II Bantul Yogyakarta Tahun 2012.
Metode: Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan waktu cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil trimester III yang memeriksakan kehamilannya di Puskesmas Pandak II Bantul Yogyakarta sebanyak 58 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu hamil trimester III yang memenuhi kriteria inklusi pada saat dilakukannya penelitian. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling sebanyak 33 responden. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner dengan 20 item pertanyaan. Uji statistik menggunakan rumus distribusi frekuensi kumulatif.
Hasil: Menunjukkan sebagian besar (48,5%) ibu hamil trimester III di Puskesmas Pandak II, Bantul, Yogyakarta mempunyai tingkat pengetahuan yang cukup dalam hal pola hubungan seksual selama kehamilan. Sebagian besar responden (66,7%) berumur antara 21-35 tahun, berpendidikan dasar (SD/SMP) (57,6%) dan multipara (72,7%). Ditinjau berdasarkan umur, pendidikan dan paritas, mayoritas ibu hamil trimester III memiliki tingkat pengetahuan tentang pola hubungan seksual selama kehamilan dengan kategori cukup. Pengetahuan cukup didominasi oleh ibu dengan rentang usia 21-35 (33,3%), berpendidikan dasar (SD/SMP) (33,3%) dan berparitas multipara (72,7%).

Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan, Pola Hubungan Seksual, Ibu Hamil Trimester III.

Karya Tulis Ilmiah ini milik STIKES Alma Ata Yogyakarta, Anda dapat membacanya di perpustakaan STIKES Alma Ata Yogyakarta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Atau jika Anda ingin memperoleh soft copy full teksnya silahkan hubungi: stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda (ketentuan berlaku).

PERHATIAN : Pastikan Anda telah menuliskan nama dan alamat email Anda dengan benar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: