h1

KEPUASAN IBU BERSALIN PENGGUNA PROGRAM JAMINAN PERSALINAN BULAN JULI TAHUN 2012 DI PUSKESMAS TEGALREJO YOGYAKARTA

13 Juli 2014

INTISARI

Yuliana Fatmasari

Latar Belakang: Kepuasan merupakan suatu perasaan yang timbul ketika kebutuhan, keinginan, dan harapan pasien dapat terpenuhi melalui jasa layanan kesehatan yang diterima, misalnya pelayanan jampersal. Kepuasan merupakan tujuan akhir dari pelayanan jampersal, namun dalam pelaksanaannya bisa saja pasien yang menerima pelayanan merasa tidak puas. Hal ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya keterbatasan sumber daya tenaga kesehatan, respon petugas kesehatan, pemahaman pelayanan yang salah oleh pasien dan keterbatasan fasilitas kesehatan yang belum memadai.
Tujuan: Untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan ibu bersalin pengguna program Jampersal selama bulan Juli di Puskesmas Tegalrejo.
Metode: Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan waktu cross sectional. Subjek penelitian adalah ibu bersalin pengguna program Jampersal di Puskesmas Tegalrejo. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner yang terdiri dari 25 pertanyaan tentang aspek-aspek kepuasan. Uji analisis menggunakan rumus distribusi frekuensi kumulatif.
Hasil: Menunjukkan 69,2% ibu bersalin pengguna program Jampersal di Puskesmas Tegalrejo merasa puas dan 30,8% lainnya merasa sangat puas. Mayoritas ibu berumur 25-29 tahun (30,8%). Sebagian besar responden berpendidikan SMA/SMK (53,8%). Mayoritas ibu berparitas II (42,3%) dan sebagian besar bekerja sebagai IRT (73,1%).
Saran: Secara teoritis, hendaknya penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi terkait kualitas pelayanan kesehatan dan dapat dijadikan sebagai informasi dan dasar bagi penelitian selanjutnya. Secara praktis, penelitian ini hendaknya dapat dijadikan sebagai sumber informasi mengenai pelaksanaan pelayanan kesehatan sehingga dapat diketahui cakupan dan inovasi yang perlu dilakukan oleh pihak puskesmas.

Kata Kunci: Tingkat Kepuasan, Ibu Bersalin, Jampersal, Puskesmas Tegalrejo.

Karya Tulis Ilmiah ini milik STIKES Alma Ata Yogyakarta, Anda dapat membacanya di perpustakaan STIKES Alma Ata Yogyakarta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Atau jika Anda ingin memperoleh soft copy full teksnya silahkan hubungi: stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda (ketentuan berlaku).

PERHATIAN : Pastikan Anda telah menuliskan nama dan alamat email Anda dengan benar.

Tinggalkan komentar