h1

HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN MOTIVASI IBU BALITA BERKUNJUNG KE POSYANDU “DADAP ORANGE” DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GONDOMANAN YOGYAKARTA

13 Juli 2014

INTISARI

Wirma Via Sartika

Latar Belakang: Dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal salah satu bentuknya adalah pelayanan kesehatan melalui Posyandu. Namun peran dan kinerja Posyandu sebagai unit pemantau tumbuh kembang anak akhir-akhir ini melemah karena kurangnya partisipasi ibu balita sehingga pemanfaatan Posyandu kurang maksimal. Untuk dapat memanfaatkan Posyandu secara optimal maka diperlukan motivasi dari ibu balita. Adapun faktor yang berhubungan dengan motivasi ibu balita diantaranya adalah dukungan suami.
Tujuan: Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan suami dengan motivasi ibu balita berkunjung ke Posyandu “Dadap Orange” Gondomanan Yogyakarta.
Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian induktif dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu balita yang hadir di Posyandu “Dadap Orange” pada bulan Februari 2013 yaitu sebanyak 43 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Data primer dikumpulkan melalui pengisian kuesioner. Sedangkan uji statistik dilakukan dengan analisis data univariat (distribusi frekuensi kumulatif ) dan bivariat (Kendall’s tau).
Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada hubungan antara dukungan suami dengan motivasi ibu balita berkunjung ke Posyandu “Dadap Orange” di Wilayah Kerja Puskesmas Gondomanan Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. ρ sebesar 0,060 (> 0,05) dan nilai Kendall’s Tau sebesar 0,206.
Kesimpulan: Oleh karena motivasi ibu balita berkunjung ke Posyandu sudah baik, maka hal ini perlu dipertahankan. Sedangkan dukungan suami yang belum maksimal perlu ditingkatkan.

Kata Kunci: Dukungan Suami, Motivasi Ibu, Posyandu.

Karya Tulis Ilmiah ini milik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Anda dapat membacanya di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Atau jika Anda ingin memperoleh soft copy full teksnya silahkan hubungi: stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda (ketentuan berlaku).

PERHATIAN : Pastikan Anda telah menuliskan nama dan alamat email Anda dengan benar.

Tinggalkan komentar