h1

HUBUNGAN MUTU PELAYANAN PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT PEMBINA KESEJAHTERAAN UMAT (PKU) MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA 2008

4 Mei 2009

Oleh : Lina Fatmawati

ABSTRAK

Pelayanan perawat menjadi ujung tombak dalam mencapai mutu pelayanan kesehatan karena perawatlah yang sering kontak langsung dengan pasien. Mutu pelayanan kesehatan senantiasa dituntut peningkatannya baik oleh konsumen (health consuments), pemberi pelayanan kesehatan (health provider) dan pihak lain, misalnya pihak yang membiayai pelayanan kesehatan. Ruang rawat inap kelas III di RS. PKU Muhammadiyah terdiri dari 4 bangsal dengan 66 tempat tidur yang rata-rata terisi penuh setiap hari. Banyaknya pasien yang memanfaatkan fasilitas ruang tersebut sangat terkait dengan kepuasan yang diperolehnya. Kepuasan pasien merupakan keseimbangan antara harapan, persepsi dan yang dialami. Berdasarkan surat yang masuk melalui kotak saran, beberapa pasien inap ada yang kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh perawat. Ketidakpuasan pasien berkaitan dengan kerja perawat karena perawat banyak menghadapi permasalahan langsung dengan pasien, disisi lain pelayanan yang baik dari perawat sangat dibutuhkan pasien, karena dapat membantu penyembuhan pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas III RS. PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian studi analitik dengan rancangan penelitian cross-sectional. Data primer diambil berdasarkan jawaban kuesioner yang diberikan. Data di uji dengan uji Korelasi Kendall Tau. Jumlah responden 56 orang.

Hasil Penelitian, Rawat inap kelas III RS. PKU Muhammadiyah Yogyakarta adalah ruang rawat inap yang selalu dipenuhi oleh pasien dengan berbagai karakterisitk baik masyarakat berstatus/berderajat tinggi maupun rendah, tua atau muda, kaya atau miskin, tidak berpendidikan ataupun sarjana. Karena mutu pelayanan perawat baik (pendapat pasien 78.60%), sehingga 92.90% pasien merasa puas dengan pelayanan perawat. Ada hubungan (p = 0.009) mutu pelayanan perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas III Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan, Rawat Inap

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

8 komentar

  1. minta isi lengkap skripsinya dong…
    terimakasih


  2. mb lina boleh saya minta contoh skripsinya,trimaks seblomnya


  3. permisi, apakah ada jurnal kualitas pelayanan perawat dengan kepuasan pasien rawat inap rs ? mhn bantuannya untuk referensi.


  4. skripsinya bagus bisa kami dapat untukdijadikan sbgai contoh tolonh ya bu anak minta bantuian


  5. boleh nengok contok proposalnya…….????


  6. minta contoh proposalnya dong…


  7. tolong kasi contoh proposal keperawatan dong…
    3 aja..
    makasi.


  8. Terima kasih… Saya telah numpang baca…🙂



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: