h1

PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI DALAM PROGRAM PIK-KRR (PUSAT INFORMASI DAN KONSELING KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA) TERHADAP PERILAKU KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI SMA N 1 SRANDAKAN BATUL TAHUN 2008

4 Mei 2009

Meli Yandri

ABSTRAK

Latar Belakang : Globalisasi dan informasi yang bebas menyebabkan terjadinya perubahan perilaku seksual yang tidak sehat yang berdampak pada masalah kesehatan reproduksi seperti perkawinan pada usia remaja, kehamilan remaja, kehamilan yang tidak di inginkan, aborsi, penyakit menular seksual, HIV/AIDS, infertilitas dan kanker alat reproduksi. Adapun kelompok sasaran masalah kesehatan reproduksi ini adalah salah satunya remaja. SMA N 1 Srandakan Bantul adalah salah satu sekolah yang dibentuk oleh BKKBN untuk menyelenggarakan program PIK-KRR pada Agustus 2008 yang saat ini sedang dalam tahap TUMBUH, yaitu tahap dalam peningkatan kemampuan dan kemauan positif remaja tentang KRR dan TRIAD KRR. Selain itu di SMA N 1 Srandakan Bantul pernah terjadi kasus KTD yang dialami oleh 3 orang siswi dan dikeluarkan oleh Sekolah yang terjadi pada tahun ajaran 2007/2008.

Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan sikap remaja tentang program PIK-KRR terhadap perilaku Kesehatan Reproduksi Remaja di SMA N 1 Srandakan Bantul.

Metode Penelitian :Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Alat penelitian adalah kuesioner. Responden adalah siswa yang ikut dalam program PIK-KRR di SMA N 1 Srandakan Bantul yang berjumlah 44 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan metode uji F (ANOVA) dan Regresi linear berganda.

Hasil : Hasil Uji F menunjukkan adanya pengaruh pengetahuan yang signifikan terhadap perilaku dengan hasil F hitung > F tabel yaitu 5.358 > 2.356 dengan P = 0.000 > 0.005, dan sikap remaja tentang kesehatan reproduksi juga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap perilaku kesehatan reproduksi remaja dengan hasil F hitung > F tabel yaitu 5.854 > 2.485, dan hasil pengetahuan dan sikap remaja terhadap preilaku kesehatan reproduksi remaja dengan signifikan : 0.000 dan F hitung > F tabel yaitu 12.539 > 3.220. Sehingga Program PIK-KRR (Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja) berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi terhadap perilaku kesehatan reproduksi remaja.

Kesimpulan : Pengetahuan dan sikap remaja tentang kesehatan reproduksi dalam program PIK-KRR (Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja) berpengaruh terhadap perilaku kesehatan reproduksi remaja di SMA Negeri 1 Srandakan Bantul.

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Perilaku Kesehatan Reproduksi Remaja, PIK- KRR

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

25 komentar

  1. mbak tolong kirim yang lengkap tentang PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI DALAM PROGRAM PIK-KRR (PUSAT INFORMASI DAN KONSELING KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA) TERHADAP PERILAKU KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI SMA N 1 SRANDAKAN BATUL TAHUN 2008 . mksih


  2. terimakasih infonya, saya juga ingin minta file lengkapnya, terimakasih


  3. mohon bantuannya untuk mendapatkan file lengkap dari skripsi saudara, karena skripsi ini sangat berkaitan dengan penelitian yang akan sya lakukan..skripsi ini bisa jadi referensi kuat..terima kasih sebelumnya


  4. karya yang bagus,beda dengan yg lain ,lebih terarah…boleh lihat file lengkapnya ga???


  5. bisa lihat selengkap nya nggak dari BAB I sampai BaB hasil nya……..thank’s ya…….


  6. mohon bantuannya untuk bisa dapat file lengkapnya yaa..
    terimakasih.


  7. mohon bantuannya untuk bisa dapat file lengkapnya yaa..
    terimakasih..


  8. gimana cara ngedapetin soft copy nya?


  9. mohon bantuan ya minta versi ini yang lengkap…..


  10. tolong contoh kuesionernya,,,, krn sya juga mau coba survei psp kes repro pada remaja sekolah….trims


  11. waahhh saya juga mau versi lengkapnya nie…
    bagus soalnya…


  12. yang lengkap dmna download-nya


  13. yang lengkapnya dimana download-nya


  14. Terimakasih atas informasi yg di tampilkan disini ..bisakah saya mendapatkan soft copy yang lengkap tentang”pengaruh pengetahuan dan sikap remaja tentang kesehatan reproduksi dalam program PIK-KRR(pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja)terhadap perilaku kesehatan reproduksi remaja di SMA N 1 srandakan batul tahun 2008…minta tolong lengkapannya donk….disa di dapatkan dimana!!!!!!!


  15. Versi lengkapnya dan kuesionernya dapat saya lihat dimana? Apakah dapat dikirim via email? Terima kasih


  16. tolong di post’kan yang lengkap. saya juga sedang meneliti PIKR. trims sbelumnya


  17. kirim email ya versi lengkapnya


  18. Terima kasih atas informasi yg ditampilkan disini, bisakah saya mendapatkan soft copy yang lengkap tentang “PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI DALAM PROGRAM PIK-KRR TERHADAP PERILAKU KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI SMA N 1 SRANDAKAN BANTUL TAHUN 2008”


  19. terimakasih sekali atas informasi-informasi yang ada di sini tapi bagaimana ya untuk mendapatkan soft copy yang lengkap tentang “PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI DALAM PROGRAM PIK-KRR (PUSAT INFORMASI DAN KONSELING KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA) TERHADAP PERILAKU KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI SMA N 1 SRANDAKAN BATUL TAHUN 2008″
    terimakasih sebelumnya dan saya tunggu balasannya segera….terimakasih sekali…….


  20. judul kti saya tentang gambaran pengethuan sikap dan tindakn bidan dalam asuhan persalinan normal mhn bantunnya di BPS KELURAHAN SUKABANGUN RANRING SUKARAME PALEMBANG 2010.


  21. minta yg lengkapnya bisa ddapetin dmn ?


  22. MAU DONK YANG LENGKAPNYA?
    KEREN….
    BS TOLONG KIRIM K EMAIL.


  23. aduh terimakasih sekali atas informasi-informasi yang ada di sini tapi bagaimana ya untuk mendapatkan soft copy yang lengkap tentang “Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Suami Dengan Dukungan Sosial Suami Pada Istri Dalam Melakukan Pelayanan Antenatal Di Wilayah Kerja Puskesmas Labuapi Kabupaten Lombok Barat 2008″ dan “PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI DALAM PROGRAM PIK-KRR (PUSAT INFORMASI DAN KONSELING KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA) TERHADAP PERILAKU KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI SMA N 1 SRANDAKAN BATUL TAHUN 2008″
    terimakasih sebelumnya dan saya tunggu balasannya segera….terimakasih sekali…….


  24. terima kasih sebelumnya tentang info yg diberikan.
    saya kebetulan sedang melakukan penelitian tentang program pik krr dan kekurangan referensi. kalo boleh tahu bagaimana cara mendapatkan soft copy yang lengkap tentang “PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI DALAM PROGRAM PIK-KRR (PUSAT INFORMASI DAN KONSELING KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA) TERHADAP PERILAKU KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI SMA N 1 SRANDAKAN BATUL TAHUN 2008”
    saya tunggu balasannya. terima kasih ya!


  25. klo mau yang lengkap dimana?????



Tinggalkan komentar