h1

PENGARUH SENAM HAMIL TERHADAP LAMANYA PROSES PERSALINAN DI KLINIK BIDAN PRAKTEK NY. ENDANG PURWATI Am. Keb MERGANGSAN YOGYAKARTA

15 Juli 2009

INTISARI

Yus Susahana Hilal

Senam hamil teratur adalah senam hamil yang dilakukan satu minggu sekali dibawah bimbingan instruktur. Senam hamil perlu dilakukan oleh ibu hamil mulai umur kehamilan 20 minggu untuk mempersiapkan fisik dalam proses kehamilan dan persalinan.

Adapun tujuan ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam hamil terhadap lamanya proses persalinan di Klinik Bidan Praktek Swasta Ny. Endang Purwati AM.Keb Mergangsan Yogyakarta.

Metode penelitian ini dengan menggunakan penelitian eksperimen, dukumentasi dengan rancangan Case Control. Populasi penelitian berjumplah 150 responden dan subyek penelitian berjumlah 60. 30 responden diberikan perlakuan senam hamil dan 30 responden tidak senam hamil. Penentuan sampel dengan menggunakan sampel rondom sampling. Uji analisa statistik yang digunakan adalah dengan rumus t Test. Setelah diuji hasilnya nilai X² hit = -18,372; sedangkan p = 0,005.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesa diterima dan ada pengaruh antara senam hamil terhadap lamanya proses persalinan.

Kata Kunci : Senam hamil, lamanya proses persalinan

One comment

  1. Bsa bntu sya bkin judul skrsi y lbh lngkp ga?Pleasee



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: