h1

PENGARUH KONSELING KELUARGA TERHADAP PERBAIKAN PERAN KELUARGA DALAM PENGELOLAAN ANGGOTA KELUARGA DENGAN DM DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOKAP I KULON PROGO

5 Januari 2012

Afifin Sholihah

INTISARI

Diabetus mellitus bila tidak ditangani dengan baik akan mengakibatkan komplikasi pada berbagai organ tubuh seperti mata, ginjal, jantung, pembuluh darah kaki, syaraf dan lain –lain. Dengan pengalaman yang baik yaitu kerjasama antara pasien, keluarga, dan petugas kesehatan, diharapkan komplikasi kronik dapat dicegah.

Tujuan Mempelajari dan membuktikan pengaruh kopnseling keluarga terhadap perbaikan peran keluarga dalam pengelolaan anggota keluarga dengan DM

Penelitian dilakukan di Puskesmas Kokap I, pada bulan September – November 2007, dengan jumlah populasi 29, dengan tehnick total sampling dan karena ada yang tidak memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi akhirnya diperoleh 26 sampel pada keluarga dengan salah satu anggota keluarga menderita DM.

Hasil penelitian ada pengaruh yang sangat signifikan dengan selisih rerata 12.97 tantang  konseling keluarga terhadap perbaikan peran keluarga dalam pengelolaan anggota keluarga dengan DM di wilayah kerja Puskesmas Kokap I tahun 2007.

 

Kata kunci : Konseling keluarga, perbaikan peran.

 

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

 

3 komentar

  1. mw yg lebiih lengkap na doong beserta kuesionernya ada ga


  2. ass,, ada refernsi ttg dm yg lain gak?? klw ad tlng krim k email sy..,, trims


  3. mau isi yg lengkap beserta kuesioner nya ada gak ???
    Trus gmn cara nya???



Tinggalkan komentar