h1

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEKAMBUHAN (RELAPSE) PADA RESIDENT NAPZA DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA (PSPP) “SEHAT MANDIRI” PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA

1 Mei 2009

Ni Made Ginarni

ABSTRAKSI

Latar belakang   : Akibat penyalahgunaan NAPZA menimbulkan masalah yang sangat luas dan kompleks yang salah satu diantaranya yaitu kekambuhan (relapse). Kekambuhan (relapse) pada penyalahguna NAPZA disebabkan karena adiksi sebagai suatu penyakit yang bersifat kronis atau akut. Berbagai macam cara pengobatan telah ditemukan oleh para ahli dibidang kesehatan untuk menangani masalah tersebut untuk mencapai kesembuhan yang optimal dan menangani kekambuhan. Maka dari itu untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kekambuhan penyalahgunaan NAPZA.

Tujuan : untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi kekambuhan (relapse) pada resident NAPZA di PSPP “Sehat Mandiri” Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan naturalistik, dimana peneliti berusaha aktif melakukan interaksi dengan subjek atau responden dalam kondisi apa adanya tanpa direkayasa, agar data yang diperoleh merupakan fenomena yang asli atau nature.

Hasil dan kesimpulan : faktor-faktor yang mempengaruhi kekambuhan pada penyalahgunaan NAPZA yang diperoleh dari hasil penelitian  yaitu Faktor teman, sugesti dan stress, sedangkan faktor yang paling utama yaitu orang atau teman.

Kata kunci : faktor-faktor kekambuhan, resident NAPZA
Ingin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda

6 komentar

  1. mbak minta tolong kirimkan skripsi dengan judul analisis NALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEKAMBUHAN (RELAPSE) PADA RESIDENT NAPZA DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA (PSPP) “SEHAT MANDIRI” PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA. mkasih sebelumnya…………………….


  2. Stikes.. saya minta tolong untuk dikirimin skripsi dgn judul ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEKAMBUHAN (RELAPSE) PADA RESIDENT NAPZA DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA (PSPP) “SEHAT MANDIRI” PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA ke alamat email saya? saya membutuhkan untuk bahan referensi skripsi saya. makasih


  3. minta tolong dikirimin skripsi dgn judul ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEKAMBUHAN (RELAPSE) PADA RESIDENT NAPZA DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA (PSPP) “SEHAT MANDIRI” PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA ke alamat email saya? saya membutuhkan untuk bahan referensi skripsi saya. makasih


  4. stikes, tolong kirimkan skripsi dgn judul analisis faktor yang mempengaruhi kekambuhan (relapse) pada resident NAPZA di panti sosial Pamardi Putra (PSPP) “Sehat Mandiri” Purwomartani, kalasan, Sleman, Yogyakarta ke email saya, untuk saya gunakan sebagai referensi skripsi saya., terima kasih


  5. mas/mbak.. bisa minta tolong dikirimin skripsi dgn judul ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEKAMBUHAN (RELAPSE) PADA RESIDENT NAPZA DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA (PSPP) “SEHAT MANDIRI” PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA ke alamat email saya? saya membutuhkan untuk bahan referensi skripsi saya. trimakasih sebelumnya
    GBU


  6. as,
    bisa ngak stikes_ smart kirimkan skripsinya dengan judul Faktor – faktor kekambuhan ,resident Napza



Tinggalkan komentar