h1

HUBUNGAN ANTARA SIKAP TENTANG TUBERKULOSIS DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN TUBERKULOSIS PADA MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PUHPELEM KABUPATEN WONOGIRI

1 Mei 2009

Joko Waskito

ABSTRAK

Latar Belakang : Untuk mengurangi kejadian TBC dibutuhkan perilaku pencegahan yang efektif. TBC merupakan penyakit yang sangat berhubungan dekat dengan kebersihan, oleh karena itu upaya pencegahan terhadap penyakit TBC berkaitan erat dengan kebersihan baik diri maupun lingkungan.

Tujuan : Dengan adanya hal tersebut di atas, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui hubungan antara antara sikap tentang TBC dengan perilaku pencegahan TBC pada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Puhpelem Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Maret 2008 di wilayah kerja Puskesmas Puhpelem Kabupaten Wonogiri.

Jenis Penelitian : Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional dimana pengukuran variabel dilakukan satu kali. Pengambilan sampel secara total sampling dengan jumlah sampel 38 sampel, pengambilan data menggunakan kuesioner dan uji statistik chi square dengan taraf signifikansi 0,05.

Hasil dan Kesimpulan : Penelitian menunjukkan bahwa nilai chi square hitung adalah 41,568 (p = 0,000 < p = 0,05). Hal ini berarti hipotesis nol yaitu ”Tidak ada hubungan antara sikap tentang TBC dengan perilaku pencegahan TBC pada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Puhpelem Kabupaten Wonogiri” ditolak, sedangkan hipotesis alternatif yaitu ”Ada hubungan yang positif antara sikap tentang TBC dengan perilaku pencegahan TBC pada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Puhpelem Kabupaten Wonogiri” diterima.

Kata Kunci : sikap, perilaku pencegahan, TBC
Ingin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda

24 komentar

  1. saya ingin dikirimkan kelanjutannya saya sangat butuh referensinya terimakasih


  2. Pak tplonhlg kirimkan data selengkanpnya ya pak di email saya makasih pak..


  3. tolong kirim data lengkapnya secepatnya..


  4. tlong d krimkam ke email sy yahh


  5. tlong yg lengkap.a d krimkan ke email sy,,,thx before


  6. saya butuh yang lengkap tolong ya kirimi aku ,.. trims sebelumnya.


  7. Sy butuh lengkapnya ya… maksih sebelumnya…
    kirim no rekeningnya jg sekalian….


  8. yang sayaingin tanyakan hubngan tbc dan tingkatan tarap hidup masyarakat apa ya..terimakasih


  9. Saya butuh lengkapnya.Boleh minta bantuannya?terima kasih banyak. tolong dikirim ke imel saya.


  10. aq butuh lengkapx??
    tolong di kirim ke emailQ,,,


  11. butuh data utuhny…


  12. tolong saya perlu penelitian ini yang lengkap\,gimana cara mendapatkan


  13. slam kenal?? sya btuh sekali konsep dari hubungan antara sikap dengan perilaku keluarga terhadap pencegahan tuberkulosis, dsi sya membuat proposal tetapi pada tinjuan pustakanya kurang hub antara sikap dengan perilaku pencegahan tuberkulosis, sya kesulitan sekali mencari literaturnya mgkin sja saudara bisa bantu sya dengan mengirimi info tettang proposal sy, bukunya atau blog nya terimakasih


  14. pak, saya masih butuh infonya terutama tentang TB
    dikirimin ke imel saya ya
    yerima kasih


  15. Sy btuh referensi lengkap tentang TBC tlong krim k emailQ y. . .


  16. bisa minta lengkapnya gak???butuh ne bwt revisi.., tolong kirim ke emailQ.
    thanx sebelumnya…


  17. saya masih butuh bnyak referensi judul mengenai TB tolong kirim kan kee-mail ya..


  18. tolong kasi yang lengkpx donk,prlu banget nich…thank sblmx


  19. saya mau tau info lengkap nya mengenai hubungan perilaku dengan pencegahan TB seperti apa..tolong kirim lewat email saya..
    makasih banyak…


  20. sy perlu profosal skripsi tentang HUBUNGAN ANTARA PERAN SERTA KELUARGA DALAM PERAWATAN PENDERITA STROKE DENGAN KONSEP DIRI PENDERITA STROKE.Tolong kirimin ke email sy y…. thanks be4


  21. tolong kirim lengkap ke email saya skripsi nya saya butuh tambahan referensi trims….


  22. sy masih butuh info lengkap tentang hubungan sikap,perilaku pencegahan tbc,tolong kirim ke email saya.sebelum dan sesudahnya makasih buannnyak


  23. jurnalnya ditampilkan secara keseluruhan donk…supaya informasi sy dapat jg tuambahh lengkap 🙂


  24. sy masih butuh info lengkap tentang hubungan sikap,perilaku pencegahan TBC.tolong kirim ke email sy makasih buanyakkkk yah.



Tinggalkan komentar