h1

PENGARUH KOMUNIKASI TERAPEUTIK TERHADAP PERILAKU KOOPERATIF ANAK USIA SEKOLAH DALAM PENCABUTAN GIGI DI PUSKESMAS SELEMADEG TABANAN BALI

1 Mei 2009

Oleh: Luh Gde Wida Jayanthi

ABSTRAKSI

Kunci keberhasilan perawatan gigi pada anak selain ditentukan oleh pengetahuan klinis dan keterampilan tenaga kesehatan, sebagian besar juga ditentukan oleh kesanggupan anak untuk bekerja sama. Pada usia 6-12 tahun anak belajar tentang dunia luar dan makin meningkat kebebasan terhadap orang tua. (Budiyanti dan Heriandi, 2001 cit Sumerti, 2003). Anak usia 6-12 tahun berusaha berkomunikasi dan mematuhi aturan masyarakat. Suatu komunikasi yang salah, tidak tepat akan dapat mengakibatkan untuk bersikap kurang kooperatif terhadap perawatan gigi (Sumartono, 1977 cit Sumerti, 2003). Komunikasi terapeutik diberikan pada anak untuk memperoleh kepercayaan dari anak sehingga anak bersikap kooperatif pada saat pencabutan gigi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh komunikasi terapeutik terhadap perilaku kooperatif anak usia sekolah dalam pencabutan gigi di Puskesmas Selemadeg Tabanan, Bali.

Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental dengan menggunakan rancangan perbandingan kelompok statis (Statis Group Comparism), dalam penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar observasi yang diisi sendiri oleh peneliti. Analisa data menggunakan Chi Square. Hasil dari penelitian ini adalah nilai P (Asymp. Sig) yaitu 0,000 lebih kecil dari α adalah  0,05.

Jadi terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dimana anak usia sekolah lebih kooperatif bila diberikan komunikasi terapeutik dalam pencabutan gigi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh komunikasi terapeutik terhadap perilaku kooperatif anak usia sekolah dalam pencabutan gigi.

Kata kunci: komunikasi terapeutik, perilaku kooperatif, anak usia sekolahIngin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda

About these ads

4 komentar

  1. Yang terhormat penulis skripsi diatas. Kami mohon untuk diberikan gambaran lengkap tentang penelitian yang anda lakukan.Karena kami memiliki ide yang hampir sama dengan milik anda.Jurnal anda akan kami gunakan sebagai referensi dalam pembuatan skripsi kami.atas bantuan yang diberikan kami ucapkan terimakasih.


  2. Aslm… Aku kesulitan cari kuesioner dengan judul yang sama nih… bisa bantu referensi gak ?? trims sebelumnya…


  3. mohon versi lengkapnya.terima kasih.


  4. Mohon versi lengkapnya, terima kasih stikes smart!!



Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 171 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: