h1

PENGARUH PEMBERIAN TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK SOSIALISASI TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PASIEN MENARIK DIRI RUMAH SAKIT JIWA DAERAH SURAKARTA

3 Mei 2009

LULUK PURNOMO

ABSTRAKSI

Terapi Aktivitas Kelompok Sosial adalah upaya memfasilitasi sosialisasi sejumlah klien dengan perilaku menarik diri secara kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran perilaku menarik diri klien sebelum dilakukan terapi aktivitas kelompok Sosialisasi, gambaran perilaku menarik diri klien sesudah dilakukan terapi aktivitas kelompok sosialisasi, serta mengetahui pengaruh terapi aktivitas kelompok sosialisasi terhadap perubahan perilaku menarik diri klien.

Penelitian ini dilakukan di RSJD Surakarta pada bulan januari 2008 dengan mengunakan pendekatan eksperimen semu / quasi eksperiment dengan mengunakan desain non equivalent control group. Pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sampling. Dilakukan pada sampel berjumlah 30 klien menarik diri yang sesuai dengan kriteria inklusi yang telah ditetapkan. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar observasi tersebut dinyatakan valid dan bisa digunakan setelah dikonsulkan kepada pakar. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan bantuan komputer.

Hasil penelitian menunjukkan ada perubahan perilaku menarik diri klien, dari skor rata-rata perilaku menarik diri klien sebelum dilakukan terapi aktivitas kelompok sosialisasi sebesar 6.83 menjadi skor rata-rata 5.43 setelah dilakukan pemberian terapi aktivitas kelompok sosialisasi.

Hasil analisis dengan menggunakan uji wilcoxon diketahui ada pengaruh yang signifikan pada pemberian terapi aktivitas kelompok sosialisasi terhadap perubahan perilaku menarik diri klien dimana nilai signifikasi 0.000 < 0.05 untuk kelompok eksperimen dan nilai signifikasi 0.405 > 0.05 pada kelompok kontrol

Saran bagi peneliti agar melakukan penelitian lebih lanjut dengan metode eksperimen dengan case control, serta penelitian penelitian kualitatif untuk mengetahui analisis faktor – faktor yang menghambat dan saran bagi perawat, rumah sakit dan keluarga klien agar lebih mendukung proses pelaksanaan terapi aktivitas kelompok sosialisasi secara lebih optimal.

Kata kunci : Terapi aktivitas kelompok sosialisasi dan perilaku menarik diri klien

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

12 komentar

  1. terima kasih atas artikelnya, kalau boleh saya ingeit melihat isi keseluruhan dari artikel ini, karena saya sedang menyusun proposal. Kalau boleh , tolong krim ke email saya .Terima kasih bnyak sebelum ya 🙂


  2. Sangat bagus sekali artikelnya,saya membutuhkan artikel ini untuk saya jadikan referensi,klau boleh tau cara mendapatkan isi keseluruhannya gimana?tolong dikirim ke email saya ya? trimakasih,,wassalamualaikum wr wb


  3. informasi yang cukup menarik 🙂
    boleh saya mendapatkan versi lengkapnya? karena saya sedang menyusun proposal skripsi. tolong dikirim ke email saya ya

    terima kasih


  4. selamet malam, artikelnya sangat bagus,., kira-kira bagaimana saya bisa melihat isi keseluruhan skripsinya, saya lagi menyusun skripsi, mohon bantuannya,.,?


  5. artikelnya bagus, tp sy ingin melihat isi keseluruhan dr artikel di atas sebagai referensi untuk penelitian sy. makasih sebelumnya


  6. Tolong klo bisa kirim isi lengkap dr jurnal “pengaruh pemberian terapi aktivitas kelompok sosialisasi terhadap perubahan perilaku pasien menarik diri rumah sakit jiwa daerah surakarta”


  7. artikelx sangat bagus … klw boleh biSa tdk kirim d email sy…?


  8. ass,,terima kasih atas artikelnya,,ini sngat berguna bgi saya.
    sya ingin melihat keseluruhan tentang artikel ini boleg,,kalau gak
    sya melihat contoh latar belakang dan sarannya saja,,,
    kebetulan sya jg meneliti tntng masalah TAK.,tlong kirim ke email sy,,terima kasih sebelumnya.,wassalam


  9. assalamualaikum… saya sedang menyusun proposal penelitian tentang TAK ini juga… saya ingin melihat dan membaca contoh2 proposal penelitian… tolong dikirim ke email saya… terima kasih banyak sebelumnya..


  10. terimakasih atas artikel nya,
    kalau boleh saya ingin melihat keseluruhan mengenai topik ini,
    kalau boleh, tolong dikirimkan ke email saya….
    terimakasih sebelumnya


  11. kirimi latar belakang donk………..


  12. terima kasih atas artikelnya…artikel ini sangat berguna bagi saya karena saya sedang menyusun proposal penelitian tentang pengaruh TAK sosialisa…

    kalo boleh saya ingin melihat tentang latar belakang penelitiannya…
    kalo boleh tolong kirimkan ke alamat email saya…
    atas pehatianya saya ucapakan terima kasih



Tinggalkan komentar