h1

PENGARUH TERAPI TERTAWA TERHADAP STRES PSIKOSOSIAL PADA USIA LANJUT DI KARANG WERDA “NGUDI MUKTI” KELURAHAN KARTOHARJO KECAMATAN NGANJUK KABUPATEN NGANJUK JAWA TIMUR 2008

3 Mei 2009

Dewi Lusian Aprianti

ABSTRAKSI

Latar Belakang: Masa usia lanjut merupakan salah satu periode dari perkembangan kehidupan manusia, sehingga cenderung mempunyai sifat dan sikap yang khas dalam hubungan dengan dunianya, dalam hubungan dengan masyarakatnya. Faktor psikososial pada usia lanjut merupakan permasalahan yang sangat membebani kehidupannya yang pada gilirannya berpengaruh terhadap berbagai gangguan fisik, mental dan psikososialnya. Tertawa sangat baik karena akan memperbaiki mental dan fisik secara alami. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui pengaruh terapi tertawa terhadap stres psikososial pada usia lanjut.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan tes awal – tes akhir dengan pendekatan cross sectional dan experimental. Responden diambil dengan menggunakan metode Nonprobability Sampling dari 60 responden menjadi 20 responden. Pemberian terapi tertawa dua kali dalam seminggu. Instrumen yang digunakan untuk mengukur stres psikososial adalah Social Readjustment Rating Scale (SRSS) dari Holmes&Rahe. Perbedaan kondisi stres psikososial antara sebelun dan sesudah pemberian terapi tertawa akan diuji dengan paired t-test.

Hasil: Uji paired t-test menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan yaitu p = 0,000 pada hasil post test dengan nilai a=0,05 dan hasil t hitung 5,917 > t tabel 2,09. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 18 orang (90%) mengalami penurunan dan hanya dua orang (10%) yang tidak mengalami penurunan tingkat stres psikososial.

Kesimpulan: Ada pengaruh pemberian terapi tertawa terhadap stres psikososial pada usia lanjut di Karang Werda “Ngudi Mukti” Kelurahan Kartoharjo, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timar 2008.

Kata kunci: terapi tertawa, stres psikososial, usia lanjut

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

21 komentar

  1. kak , saya mahasiswa semester 7 di salah satu STIKes , kali ini saya mau membuat skripsi , rencana saya tentang Lansia kak , dan begitu saya melihat halaman ini saya langsung tertarik dengan judul skripsi yg kakak buat ini…
    kalau di bolehkan , boleh gak saya minta data nya kak ?
    terimakasih 🙂


  2. assalamualaikum saya mawan. boleh lah minta file ini untuk refensi


  3. kak.. saya sekarang sedang mengajukan judul untuk skripsi. saya tertarik dengan judul kakak.
    boleh minta datanya yang lengkap buat tambahan referensi?

    terimakasih 🙂


  4. saya mahasiswa smt 5 d sbuah stikes swasta kak,, kalo boleh saya ingin melihat lebih lengkap tentang skripsi kakak, siapa tau bisa saya jadi kn pedoman,,, mohon di balas ya kak,,


  5. BOLE MINTA FILE NYA KAK ?


  6. apa saya boleh mendapaykan skripsi ini


  7. bisa dikirim lebih lengkapx z ingin membaca lamjutanx


  8. saya siswa SMA yang sedang membuat karya ilmiah yang bertema hampir sama yaitu “pengaruh tertawa terhadap kesehatan mental dan fisik” apakah saya boleh meminta softcopy skripsinya kak sebagai referensi? 🙂


  9. kak saya mahasiswa yg akan melakukan penelitian dan judul yg saya kemukaan hampir sama dgn kk “pengaruh terapi tertawa terhadap depresi pada lansia””
    bisa kk berbagi referensinya…spya sya dpat gambaran yg cukup…makasih.


  10. saya sekarang sedang mengajukan judul untuk skripsi sepertinya saya tertarik dengan judul kakak.
    boleh mintak datanya yang lengkap gak kak..
    terimakasih sebelumnya…


  11. Bsa mnta soft cofinya ga?
    Penting bgt
    Thanks b4


  12. kak..tolong kirim k email saya yaaa..makasie sebelumnyaaa.. ^^


  13. mohon kirim ke email saya.
    terimakasih.


  14. kakak< apa saya bleh lihat skripsi ini? kliatanNya sangat menarik.apa bisa dkirim lwat email saya. mksh kak,,, saya bru mau nyusun skripsi tp gak tau hrus gmn


  15. salam kenal…

    saya tertarik dengan penelitian dewi lusiani aprianti. klo boleh minta tolong bisa nggak kirimkan yang lengkap ke alamat email saya.

    terima kasih…..


  16. aq mhsswi kep yg lg ngmbil skripsi tentang judul ini, ingin dpt yg lbh lengkapny lg bwt tambahan referensi.
    mohon dikirim k email q yaa..
    tks b4..


  17. saya mahasiswa kesehatan masyarakat unair yang lagi menyusun skripsi
    dan saya tertarik dengan penelitian anda tentang terapi tertawa
    mohon dikirim data lengkapnya ya ke Email saya
    terima kasih


  18. Tolong kirim lengkap tentang “PENGARUH TERAPI TERTAWA TERHADAP STRES PSIKOSOSIAL PADA USIA LANJUT DI KARANG WERDA “NGUDI MUKTI” KELURAHAN KARTOHARJO KECAMATAN NGANJUK KABUPATEN NGANJUK JAWA TIMUR 2008”.Tolong kirimnya ke email saya yaa..makasi…


  19. kak DEWI LUSIAN APRIANTI bisa gak krim skripsi ni k e-mail saya kak untuk perbandingan,sblum nya mkasi banyak kak


  20. saya mahasiswa stikes indonesia padang sedang melakukan penelitian mengenai”pengaruh terapi terapi tertawa thdp stess fsikososial pada usia lanju”gmana cara selanjut nya bisa brbagi pendapat dg DEWI LUSIAN APRIANTI


  21. sy mhsiwa pemprop. sedang melakukan penelitian mengenai “Pengaruh terapitertawaterhadap stress psikologipada usi lanjut



Tinggalkan komentar