h1

HUBUNGAN ANTARA KADAR HEMOGLOBIN RENDAH PADA IBU HAMIL TRIMESTER TIGA DENGAN BERAT BAYI LAHIR RENDAH DI BANGSAL GLADIOL BPK RUMAH SAKIT UMUM KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2008

3 Mei 2009

WAWAN HARYANTA

ABSTRAKSI

Kebutuhan gizi untuk wanita hamil meningkat 15 % dibandingkan kebutuhan manual. Makan atau status diet dan nutrisi ibu hamil mempunyai dampak perkembangan bayi yang dikandung. Anemia gizi dapat didefinisikan sebagai kondisi kekurangan kadar hemoglobin berada di bawah normal. Anemia defisiasi besi merupakan salah satu sebab gangguan yang paling sering terjadi selama kehamilan.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kekurangan gizi dengan anemia pada ibu hamil terhadap kejadian berat bayi lahir lahir rendah.

Penelitian dilakukan pada ibu hamil usia 28 – 34 minggu atau akhir trimester tiga dengan mengukur kadar Hb saat itu. Sampel penelitian adalah ibu hamil di BPK RSU Kabupaten Magelang. Data yang diambil kadar Hb ibu hamil < 11 gr/dl dan data berat badan bayi lahir. Pengambilan dilaksanakan dengan wawancara dan studi dokumentasi, mulai dari poli KIA sampai melahirkan di bangsal bersalin yang digunakan sebagai data primer atau utama. Analisa bivariat dengan uji square untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dan vaiabel terlikat. Faktor resiko dengan mencari pengaruh anemia terhadap angka kejadian BBLR menggunakan Risk Estimate Odds Ratio (OR).

Penelitian dari 31 ibu hamil dengan kadar Hb 8 – 9,4 gr/dl ada 6 yang 5 bayi dilahirkan BBLR 1 non BBLR, ibu hamil kadar Hb 9,5 – 10,9 gr/dl ada 25 bayi yang lahir BBLR 7 dan non BBLR 18. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara anemia ibu hasil dengan kejadian BBLR dengan tingkat resiko 12,857 kali. Kadar Hb ibu hamil mempunyai pengaruh resiko angka kejadian BBLR. Kadar Hb  yang normal semakin kecil untuk melahirkan BBLR. Sebaliknya kadar Hb yang semakin kurang dari normal berisiko untuk melahirkan BBLR.

Disimpulkan bahwa status anemia gizi dengan salah satu sebab kekurangan kadar besi (Fe) merupakan faktor resiko untuk terjadinya anemia ibu hamil yang berpengaruh pada angka kejadian BBLR. Disarankan kepada pengelola program perlu adanya upaya penanggulangan anemia gizi secara terpadu dengan perbaikan status gizi dan penambahan preparat zat besi (Fe) sebagai faktor yang meningkatkan resiko kejadian anemia ibu hamil.

Kata kunci : Kadar Hb Rendah, BBLR.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

15 komentar

  1. mohon bantuan nya krrim kan file skripsi nya,,trimaksh


  2. mohon diberi link downloadnya ya min, saya tertarik dengan materi ini 🙂 thanks


  3. pada kehamilan pertama sy didiagnosa pansitopenia, kadar hb smpe 6,8 tepat 1 minggu sblm melahirkan sy tranfusi darah hingga kadar hb di atas 10, bayi sy lahie dg berat 2,9. apakah artinya tiadk semua anemia menyebabkan BBLR


  4. mf k sya boleh mnta file lengkapx g,,,buat mnyelesaikan tugas akhir,,trimakasi


  5. plis bantu saya ya pak saya anak s.1 kep lg mencari judul hubungan antara anemia ibu hamil dengan bblr. thnks


  6. kak judul saya tentang,,,
    hubungan pengetahuan dengan sikap ibu hamil tentang hemoglobin selama kehamilan..
    mohon saran ny y kak..
    trma ksih,,


  7. boleh g saya minta yang lengkap,, buat tugas pak bagus


  8. pak saya mencari referensi tentang hemoglobin terhadap unsur belerang…
    mohon bantuannya..
    terimakasih


  9. saya lg mempelajari tentang kesehatan ibu hamil, karena istri saya lg hamil jd saya butuh banget info untuk menjga kehamilan istri saya. jd saya minta tolong dikirim data hasil penelitian ada biar saya mempelajarinya dengan jelas. kalau bs dibantu tolong kirim kan ke email saya.. trims…..


  10. kak, bole minta KTI ini ga??
    saya butuh referensi,,,
    makasii


  11. Pak,saya mahasiswa tingkat akhir mhsswa keperawatan,saya lagi mencari judul tentang hematologi, saya tertarik mengenai itu, kepada Bapak saya minta bantuan
    saya benar2 memerlukan bantuan.terima kasih
    oleh edi 26 Januari 2010 at 17:16


  12. pak tolong bantu saya..saya mahasiswa tingkat akhir analis kesehatan…saya lagi mencari judul tentang hematologi…tolong bantu saya…???????
    saya benar2 memerlukan bantuan.terima kasih


  13. saya sedang penelitian skripsi tentang hubungan status gizi ibu hamil dengan berat badan bayi yang dilahirkan dengan mengukur Hb ibu hamil,,yang saya mau tanyakan pengukuran Hb yang baik pada saat awal kehamilan atau sebelum hari H melahirkan? yang dapat mempengaruhi berat bayinya…saya bingung karena jarang sekali ibu yang diperiksa HbNya,,
    thanx


  14. Apakah ada pengaruhnya bila hb rendah dgn kondisi saya yang tidak hamil2 setelah 4 thn menikah. Mohon sarannya, terimakasih.


  15. saya kerja di Laboratorium RS.Swasta di semarang…,masalah ditempat saya hampir sama dengan yang Bpk sajikan yaitu,contoh ;Pasien masuk Hb 10.1 setalah malahirkan Hb ulang jadi 12.0,saya kumpulkan data ada 80% yang Hb meningkat setelah melahirkan..,itu yang membuat Laborat sering kena komplain..,mohon bantuannya karena saat ini saya sedang sekolah dan sebentar lagi KTI saya mau tanya sebenarnya apa yang menyebabkan Hb meningkat pada wanita setelah melahirkan selain faktor hemokonsentrasi?terimakasih



Tinggalkan komentar